Terorisme merupakan aksi teroganisir yang dilakukan guna memberi teror kepada masyarakat. Tak dapat dipungkiri, negara tempat tinggal kita pun tak luput dari aksi terorisme. Kerap menimbulkan rasa takut di masyarakat, terorisme merupakan salah satu tema yang cukup sering diangka ke media film. Mulai dari kisah fiksi hingga yang diangkat dari kejadian nyata, berikut 10 film tentang teroris terbaik!

1.  The Battle of Algiers (1966)

Battle of Algiers merupakan film yang mengadaptasi perang Algeria (1954-1962), perang antara pemberontak Algeria melawan pasukan Prancis. Mengadaptasi gaya dokumenter film perang dunia II milik Rosselini, film yang disutradarai oleh Gillo Pontecorvo ini tidak hanya memperlihatkan tiran yang menekan namun juga kekejaman macam apa yang mampu dilakukan oleh orang Algeria.

Film ini tidak hanya sukses menunjukkan gambaran dari kekejaman dan perang, namun juga dikenal berkat politiknya yang netral. Battle of Algiers memperlihatkan sisi objektif dari konflik yang kejam dan kontroversial tersebut.

2. Air Force One

Disutradarai oleh Wolfgang Petersen, Air Force One berkisah tentang sekelompok teroris Rusia di bawah pimpinan Ivan Korshunov (Gary Oldman), membajak pesawat Air Force One yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat, James Marshall (Harrison Ford). Orang nomor satu Amerika tersebut pun diam-diam bersembunyi di pesawat dan mencoba mengambil kembali pesawat dengan kemampuan militernya.

Walaupun kisah satu pria melawan sekelompok teroris bisa dibilang cukup klise, namun Air Force One sukses membangun tensi dan adegan aksi di sepanjang film. Tak hanya itu, film ini juga didukung oleh penampilan yang memukau dari kedua bintang utamanya, Harrison Ford dan Gary Oldman.

3. Zero Dark Thirty (2012)

Siapa yang tidak mengenal Osama Bin Laden? Kisah perburuan teroris serta ketua Al Qaeda yang melancarkan serangan 11 September tersebut diangkat dalam Zero Dark Thirty. Disutradarai oleh Kathryn Bigelow, film ini mendramatisasi perburuan hampir satu dekade yang berakhir pada kematian Osama Bin Laden.

Dirilis kurang lebih satu setengah tahun setelah kematian ketua Al Qaeda tersebut, film yang dibintangi oleh Jessica Chastain ini cukup menarik perhatian dan kontroversi. Terutama pada adegan puncak pengejaran Laden yang dianggap cukup mirip dengan kejadian nyata.

4. The Rock (1996)

Ahli kimia FBI dan mantan kapten SAS bekerjasama untuk menghentikan sekelompok grup pemberontak yang sedang menduduki Pulau Alcatraz. Para pemberontak pun mengancam akan meluncurkan roket gas mematikan jika pemerintah tidak memberikan uang $100 juta.

Disutradarai oleh Michael Bay, The Rock merupakan salah satu film terbaik yang pernah diarahkannya. Berbeda dengan film yang biasanya ia kerjakan, The Rock memiliki fokus serta nilai yang lebih padat dalam bercerita. Dan tentunya, tak ketinggalan film ini pun dilengkapi dengan adegan aksi yang fantastis.

5. United 93 (2006)

Sama seperti Zero Dark Thirty, United 93 juga diangkat dari kisah nyata. Film yang disutradarai oleh Paul Greengrass ini mencoba mereka ulang kejadian pembajakan pesawat United Airlines Flight 93 ketika serangan 11 September.

Demi membuat film ini senyata mungkin, pengumpulan data tidak hanya diperoleh dari blackbox dan pesan serta telepon terakhir para penumpang kepada sanak saudara. Tak hanya itu, aktor di dalam film pun bukanlah bintang terkenal dan menggunakan teknik handheld camera footage untuk pengambilan gambar. Hasilnya, tak hanya menyentuh namun juga meningkatkan semangat patriotisme.

6. Munich (2005)

Disutradarai oleh Steven Spielberg, Munich diadaptasi dari buku Vengeance yang bercerita tentang kisah Operation Wrath of God, misi pemerintah Israel untuk memburu para teroris Palestina, Black September yang menghabisi 11 atlet Israel pada saat olimpiade Munich 1972. Dalam film ini, motif kedua negara saling menyerang satu sama lain dianalisis dengan adil. Keduanya sama-sama berjuang demi kebaikan rakyatnya.

Walaupun tidak sukses secara box office seperti film Spielberg yang lain, Munich meraih 5 nominasi Academy Awards termasuk Best Picture dan Best Director. Tak hanya itu, The New York Times menempatkan film yang dibintangi Eric Bana dan Daniel Craig ini di posisi 16 film terbaik pada abad 21.

7. The Kingdom (2007)

Mengambil latar tempat di Arab Saudi, The Kingdom merupakan film yang diadaptasi dari peristiwa pengeboman komplek rumah Khobar pada 1996 dan kamp Riyadh pada 2003. Dalam film yang disutradarai oleh Peter Berg ini dikisahkan tim agen Amerika Serikat dikirim ke Timur Tengah untuk menginvestigasi kejadian tersebut.

Sepanjang film, The Kingdom sukses membawa penonton terhanyut dalam adegan aksi yang impresif. A.O. Scott dari The New York Times menyebut bahwa film ini bisa dilihat sebagai skenario yang diharapkan dari pemerintah Amerika dalam merespon Islamic fundametalism terrorism.

8. Body of Lies (2008)

Diangkat dari novel berjudul sama karya David Ignatius, Body of Lies mengikuti kisah CIA dan agen intelijen Yordania dalam memburu teroris bernama Al-Saleem. Frustasi akan target mereka serta memiliki pendekatan yang berbeda dalam menjalankan misi, hubungan CIA, atasannya dan kepala inteligen Yordania pun menjadi renggang.

Memiliki jajaran bintang seperti Leonardo Dicaprio, Russell Crowe, dan Mark Strong serta disutradarai Ridley Scott, tentunya Body of Lies telah menjanjikan kualitas dalam penyajiannya. Keunikan film ini sendiri pun berada pada tensi dan ketidaknyamanan yang terjadi pada tiga tokoh utama tersebut.

9. Die Hard (1988)

Merupakan salah satu film aksi terbaik sepanjang masa, Die Hard tentunya sudah cukup familiar di kalangan pecinta film. Namun, tentunya tak terlupakan tema yang diangkat pun mengenai teroris. Dalam film yang disutradarai oleh John McTiernan ini dikisahkan John McClane (Bruce Willis), detektif New York melawan sekelompok teroris Jerman yang menyandera istri serta semua rekannya pada pesta perusahaan Nakatomi.

Sepanjang film, Die Hard menawarkan adegan aksi yang memiliki koreografi serta ketegangan yang sangat berhasil memukau penonton. Tek heran, lewat film ini, nama Bruce Willis yang dikenal sebagai aktor komedi langsung melambung sebagai salah satu aktor film aksi paling diperhitungkan hingga saat ini.

10. Paradise Now (2005)

Film kontroversial asal Palestina ini bercerita tentang dua teman masa kecil, Khaled (Kais Nashif) dan Said (Ali Suliman), yang terpilih menjalani misi bom bunuh diri untuk meledakkan pos militer Israel. Sayangnya, penyamaran mereka terbongkar, sehingga mereka pun melarikan diri dari kejaran polisi.

Mencoba mengambil sudut pandang dari sosok teroris tentulah merupakan langkah yang cukup beresiko. Namun, memang sangat jarang ada film yang dengan berani melihat bagaimana kehidupan sehari-hari serta apa yang memotivasinya untuk melakukan hal tersebut. Langkah ini pun membawa film yang disutradarai oleh Hany Abu-Assad ini memenangkan Best Foreign Film pada ajang Golden Globe Awards.