Tiap tahun, ratusan bahkan ribuan film rilis di bioskop di seluruh dunia. Sebagai penikmat film tentunya ingin menyaksikan hampir seluruh film yang ada. Namun, apa daya keterbatasan waktu dan biaya menghalangi keinginan tersebut. Maka dari itu, hadirlah situs-situs review untuk membantu penonton memilih film yang ingin disaksikan. Atau lebih mudah, kita dapat mengakses situs review aggregrator terbesar, Rotten Tomatoes.

Tak dapat dipungkiri, Rotten Tomatoes menjadi barometer yang cukup berpengaruh untuk film-film yang rilis. Pekan ini, The Emoji Movie rilis dan beberapa hari penayangannya memperoleh rating 0%. Namun setelah lebih banyak review yang masuk, saat ini film tersebut telah memperoleh angka 8%. Angka tersebut menjadikan The Emoji Movie sebagai film terburuk di Rotten Tomatoes untuk kategori animasi.

Nah, selain The Emoji Movie, 10 film di bawah ini juga memperoleh predikat film terburuk di Rotten Tomatoes. Apa saja sih? Simak di sini!

norm of the north- film terburuk di rotten tomatoes norm of the north- film terburuk di rotten tomatoes

1. Norm of the North (2016)
Rating 9%

Sebelum The Emoji Movie rilis, predikat film animasi terburuk dimiliki oleh Norm of the North (2016). Sama seperti Emoji, film ini juga beberapa saat memperoleh angka 0 % sebelum pada akhirnya berakhir di angka 9%. Walaupun demikian, perolehan finansial untuk film yang disutradarai oleh Trevor Wall cukup baik. Dirilis pada bulan Januari yang mana merupakan bulan yang buruk untuk merilis film, Norm of the North memperoleh $ 27,4 juta dari biaya pembuatan $ 18 juta.

catwoman- film terburuk di rotten tomatoes catwoman-film terburuk di rotten tomatoes

2. Catwoman (2004)
Rating 9%

Untuk kategori film superhero, predikat film terburuk di Rotten Tomatoes jatuh pada Catwoman (2004). Dibintangi oleh Halle Berry, film ini bersaing cukup sengit dengan Fantastic Four (2015) untuk posisi pertama ini dengan rating 9%. Namun, film yang disutradarai oleh Pitof ini meraih angka yang lebih rendah dari Fantastic Four. Bahkan, karena film ini Halle Berry yang sebelumnya meraih Oscar untuk aktris terbaik harus memperoleh predikat aktris terburuk pada Razzie Awards.

the last airbender - film terburuk di rotten tomatoes the last airbender - film terburuk di rotten tomatoes

3. The Last Airbender (2010)
Rating 6 %

Merupakan adaptasi dari serial animasi populer berjudul sama, The Last Airbender (2010) gagal memenuhi ekspektasi sebagai salah satu film yang cukup diantisipasi. alur cerita dan akting yang buruk menjadikan film ini menjadi film produksi Nickelodeon Movies dengan rating terburuk dan garapan terburuk dari M. Night Shyamalan. Walaupun demikian, kepopuleran dari serial televisinya menjadikan film ini menduduki posisi ke 20 film dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2010.

the rings film terburuk di rotten tomatoes the rings - film terburuk di rotten tomatoes

4. Rings (2017)
Rating 6%

Mengambil setting 13 tahun dari film sebelumnya, Rings (2017) merupakan film ketiga dari seri The Ring. Ceritanya yang datar membuat film yang disutradarai oleh F. Javier Gutiérrez membuat film ini menjadi yang terburuk dari triloginya. Tak hanya itu, saat ini film ini menduduki peringkat pertama sebagai film tahun 2017 dengan review terburuk di Rotten Tomatoes.

vampires suck -film terburuk di rotten tomatoes vampires suck -film terburuk di rotten tomatoes

5. Vampires Sucks (2010)
Rating 4%

Vampires Sucks merupakan film parodi yang dibuat berdasarkan franchise populer Twilight Saga. Rilis Agustus 2010, film ini meraih kritik pedas dengan hanya meraih 4% dari Rotten Tomatoes. Walaupun demikian, film yang diarahkan oleh Jason Friedberg dan Aaron Seltzer tersebut setidaknya cukup sukses secara finansial dengan raihan $80 juta, 4 kali dari biaya pembuatannya. Selain itu, penampilan Jenn Proske yang menirukan Kristen Stewart di Twilight memperoleh pujian dari beberapa kritik.

disaster movie - film terburuk di rotten tomatoes disaster movie - film terburuk di rotten tomatoes

6. Disaster Movie (2008)
Rating 1%

Sama seperti judulnya yang mengandung kata disaster, film ini juga menjadi disaster bagi para penontonnya. Bagaimana tidak? Film yang dibintangi oleh Carmen Elektra, Matt Lanter dan Kim Kardashian tersebut tidak hanya menggunakan lelucon yang memaksa namun juga memiliki gaya pengarahan yang buruk. Tak hanya meraih rating 1 % dari Rotten Tomatoes, film ini juga menduduki posisi  ke 12 sebagai film dengan nilai terendah di situs IMDB dengan angka 1,9.


return of the blue lagoon - film terburuk di rotten tomatoes
return of the blue lagoon - film terburuk di rotten tomatoes

7. Return to the Blue Lagoon (1991)
Rating 0%

Dibintangi oleh Milla Jovovich dan Brian Krause, Return to the Blue Lagoon merupakan adaptasi dari novel The Garden of God karya Henry De Vere Stacpoole. Tak berbeda dengan pendahulunya, film ini juga memperoleh kritik negatif, bahkan cenderung lebih buruk. Tak hanya itu, berbeda dengan Blue Lagoon yang sukses secara finansial, film yang merupakan film romantis dengan review terburuk di Rotten Tomatoes ini juga gagal di pasaran dengan hanya memperoleh $2,8 juta dari budget $ 11 juta.

jaws the revenge - film terburuk di rotten tomatoes jaws the revenge - film terburuk di rotten tomatoes

8. Jaws: The Revenge (1987)
Rating 0%

Disutradarai oleh Joseph Sargent, Jaws: The Revenge (1987) merupakan sekuel ketiga sekaligus film penutup dari seri Jaws. Film ini memperoleh kritik negatif dan menjadikannya film terburuk dari seluruh franchise ini. Berbeda dengan film pendahulunya yang membutuhkan waktu dua tahun untuk rampung, Jaws: The Revenge hanya menghabiskan waktu kurang dari 9 bulan untuk pengerjaannya. Tak heran, film ini pun meraih 7 nominasi dari Golden Raspberry Awards dan memenangkan kategori Worst Visual Effects.

one missed call- film terburuk di rotten tomatoes one missed call- film terburuk di rotten tomatoes

9. One Missed Call (2008)
Rating 0%

Merupakan remake dari film Jepang berjudul sama, One Missed Call (2008) menjadi film horor terburuk di Rotten Tomatoes dengan 79 review negatif. Walaupun memperoleh pendapatan yang cukup memuaskan, film yang disutradarai oleh Eric Valette ini menjadi film dengan review terburuk di tahun 2008 dan menduduki posisi kedua film 2000-an dengan review terburuk.

ballistic: elks vs. sever- film terburuk di rotten tomatoesballistic: ecks vs. sever- film terburuk di rotten tomatoes

10. Ballistic: Ecks vs. Sever (2002)
Rating 0%

Jika posisi kedua film dengan review terburuk pada tahun 2000-an jatuh kepada One Missed Call (2008), posisi pertama diduduki oleh film Ballistic: Ecks vs. Sever (2002). Film yang dibintangi oleh Antonio Banderas dan Lucy Liu ini juga memperoleh predikat sebagai film aksi terburuk sepanjang masa di Rotten Tomatoes dengan jumlah 116 review negatif. Tak hanya itu, film ini juga mengalami kegagalan secara komersil dengan hanya meraih $19,9 juta dari biaya pembuatan $70 juta.

Itu dia 10 film terburuk di Rotten Tomatoes. Ada yang sudah kamu tonton? Bagaimana pendapatmu?