Loading...

Film superhero terbaru kembali hadir memeriahkan bioskop tanah air. Kali ini, sang superhero datang dari karakter DC Comics, yaitu Shazam!. Film yang disutradarai oleh David F. Sandberg ini mengikuti kisah Billy Batson (Asher Angel), anak yatim piatu yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi pahlawan super setelah mengucapkan Shazam. Bukan karakter yang familiar, tentu banyak yang belum mengetahui siapa sosok superhero yang satu ini.

Tayang di bioskop mulai hari ini, supaya kamu lebih mengenalnya, berikut 5 fakta Shazam! yang harus kamu tahu sebelum menonton filmnya!

1. Berbeda dengan pahlawan super kebanyakan

fakta shazam

Superman memiliki kekuatan karena lahir di planet Krypton, Batman menjalani latihan keras bertahun-tahun, Wonder Woman adalah putri Amazon yang tinggal di Themyscira. Hampir semua pahlawan super menjalani latihan keras atau lahir dengan kemampuan khusus. Hal ini berbeda dengan Shazam! yang sosok aslinya merupakan seorang anak-anak bernama Billy Batson. Ia berubah menjadi pahlawan super tersebut tepat setelah mengatakan kata Shazam.

Kekuatan tersebut diperoleh Billy setelah suatu hari seorang penyihir misterius melihat kebaikan hatinya dan memberikannya kemampuan untuk menjadi pahlawan super. Selain kekuatan, ia juga berubah menjadi orang dewasa dengan fisik kuat dan berotot khas superhero. Dengan pikiran anak-anak namun tubuh orang dewasa, Billy pun melawan kejahatan dan pelaku perundungan di sekolah.

2. Karakter Captain Marvel yang pertama

fakta shazam

Jauh sebelum Captain Marvel versi Carol Danvers hadir di dunia komik, nama tersebut pada awalnya dimiliki oleh Shazam!. Pada penampilan pertamanya di tahun 1939, karakter pahlawan super ini menggunakan nama Captain Marvel. Sayangnya, karakter ini sempat hilang dari publikasi selama beberapa waktu dan ketika ia kembali, nama tersebut telah digunakan oleh Marvel Comics untuk salah satu karakternya.

Yang lebih menarik lagi adalah karakter ini bukanlah milik DC pada awalnya. Karakter Shazam! ini merupakan buatan Fawcett Comics, salah satu pihak penerbit yang ingin menciptakan karakter pahlawan super usai kesuksesan Superman.

3. Shazam merupakan sebuah Akronim

Kata Shazam untuk sebuah pahlawan superhero mungkin terdengar cukup unik atau bahkan lucu. Walaupun demikian, nama ini bukanlah asal melainkan merupakan kepanjangan dari sebuah akronim. Shazam mewakili enam dewa imortal yaitu Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, dan Mercury. Ketika Billy Batson mengucapkan kata Shazam, kekuatan keenam dewa tersebut pun diberikan kepadanya.

4. Salah satu superhero DC terkuat

fakta shazam

Seperti yang disebutkan di atas, Billy Batson memperoleh kekuatan dari enam dewa imortal ketika mengucapkan Shazam. Dari Solomon, ia memperoleh pengetahuan dan kecerdasan yang besar dan pemahaman hampir semua bahasa dan sains. Dari Hercules, ia memperoleh kekuatan yang dimiliki demi-god yang membuatnya dapat mengangkat truk hingga membengkokkan besi. Dari Atlas, ia memperoleh stamina yang mana mengijikannya untuk kuat bertahan menghadapi pertarungan fisik.

Sedangkan dari Zeus, ia memperoleh kekuatan untuk menahan segala serangan sihir dan menggunakan petir sebagai senjatanya. Dari Achilles, ia mendapatkan keberanian sekaligus kemampuan bertarung kombat satu lawan satu. Dan yang terakhir, dari Mercury, ia memperoleh kecepatan luar biasa yang terkadang mampu membuatnya berpindah lebih cepat dari kecepatan cahaya.

5. Musuhnya, Dr. Sivana

fakta shazam

Setiap pahlawan super pasti memiliki musuh, begitu pun kasusnya dengan Shazam!. Dalam film, musuh yang akan ia hadapi adalah Dr. Sivana (Mark Strong). Dr. Sivana sendiri merupakan seorang ilmuwan yang tumbuh sebagai orang luar dalam keluarganya yang kaya raya. Semasa kecil, ia sempat dipanggil oleh Penyihir Shazam. Sayangnya, ia gagal dan tidak terpilih. Hal ini pun mengakibatkan dirinya terobsesi menemukan cara mengungkap rahasia untuk kembali ke tempat tersebut.

Berbeda dengan versi komiknya, dalam film, Dr. Sivana ditunjukkan memiliki kekuatan fisik lebih kuat yang mana ditunjukkan dengan betapa mudahnya ia menangkap pukulan tinju Shazam! tanpa kesulitan. Tak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan untuk melihat aura sihir dengan mata kirinya.

Loading...