Kesuksesan suatu film tentunya tak lepas dari kepiawaian sutradara dalam mengarahkan alur cerita. Bahkan, banyak penonton yang memilih film dengan melihat siapa yang menyutradarainya. Salah satu nama sutradara yang selalu menjanjikan dalam kualitas film yang digarapnya adalah Christopher Nolan.

Karir sutradara kelahiran London tersebut pun semakin lama semakin menanjak. Film terbaru garapannya, Dunkirk pun juga menjadi salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini. Diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada awal perang dunia II (1940), Dunkirk bercerita tentang perjalanan 400 ribu dari tentara sekutu Inggris dan Prancis yang terjebak bersama di pantai Dunkirk.

Baca juga: Review Dunkirk – Satu Lagi Mahakarya Agung dari Christopher Nolan

Dibintangi oleh Tom Hardy, Mark Rylance dan Harry Styles, film ini tayang di Indonesia pada 21 Juli 2017. Nah,

Apa saja ya? Simak di bawah sini!

1. Memento (2000)

film terbaik christopher nolanfilm terbaik christopher nolan

Setelah sukses lewat debut film pertamanya, Following (1998), Christopher Nolan kembali menunjukkan talentanya di Memento (2000).  Dibintangi oleh Guy Pearce, Memento berkisah tentang seorang pria yang menderita anterograde amnesia, yang mana menyebabkan ia kehilangan memorinya setiap lima menit. Dengan mengandalkan foto polaroid dan tato, ia pun mencatat informasi guna mencari orang yang menyerang dirinya dan membunuh istrinya.

Dalam filmnya, Memento disajikan dengan dua urutan adegan secara bergantian selama film yaitu seri hitam putih yang menunjukkan urutan kejadian secara kronologis dan berwarna yang ditampilkan secara terbalik. Di akhir film, dua urutan tersebut bertemu dan menghasilkan suatu narasi yang lengkap.

Merupakan kolaborasi pertama Christopher Nolan dengan adiknya dalam penulisan naskah, film ini meraih kesuksesan dalam segi pendapatan dan kritik. Walaupun pada awal penayangannya hanya ditayangkan di 11 teater di Amerika Serikat, namun memasuki minggu ke-11, Memento didistribusikan ke 500 teater lainnya. Film ini berhasil mengumpulkan total $39.7 juta dari peredarannya di seluruh dunia.

Selain itu, film ini juga meraih dua nominasi Academy Awards untuk kategori Best Film Editing dan Best Original Screenplay. Walaupun tidak berhasil memboyong piala, film ini memenangkan 13 penghargaan dari ajang lain. Oleh berbagai media, film ini juga dimasukkan ke dalam daftar film terbaik pada tahun 2000-an.

2. The Dark Knight Trilogy (2005-2012)

 film terbaik christopher nolan-dark knight trilogyfilm terbaik christopher nolan-dark knight trilogy 

Merupakan salah satu trilogi terbaik dari film superhero, The Dark Knight Trilogy tentunya wajib masuk ke dalam daftar film terbaik Christopher Nolan. Berkualitas dalam segi cerita, tak heran banyak yang menyamakan trilogi ini sebaik Godfather dan Lord of the Rings. Trilogi ini terdiri dari Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008) dan The Dark Knight Rises (2012).

Film terbaik dari The Dark Knight Trilogy adalah pada film kedua, The Dark Knight. Jika Batman Begins merupakan awal yang baik, maka The Dark Knight membawa film superhero ini ke level selanjutnya. Kedalaman karakter dari Batman ditampilkan dengan sangat baik.

Bagian terbaik dari The Dark Knight adalah performa legendaris mendiang Heath Ledger sebagai Joker. Ia berhasil menghidupkan karakter musuh bebuyutan Batman (Christian Bale) dengan baik dan menjadi salah satu penampilan terbaik sepanjang masa. Sayangnya, walaupun memenangkan Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik, Ledger ditemukan meninggal karena overdosis di apartemennya sebelum film tersebut rilis.

Ketiga film The Dark Knight Trilogy berhasil meraih pendapatan yang fantastis dengan Batman Begins ($372 juta), The Dark Knight ($1 miliar) dan The Dark Knight Rises ($1,1 miliar).

3. The Prestige (2006)

Film terbaik Christopher NolanFilm terbaik Christopher Nolan - The Prestige

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Christopher Priest, The Prestige merupakan salah satu film terbaik Christopher Nolan yang tak boleh dilewatkan. Hal ini dikarenakan The Prestige merupakan pendekatan terdekatnya dari pemahamannya sebagai pembuat film.

Dirilis pada Oktober 2006, film ini berkisah tentang rivalitas antara dua orang pesulap, Robert Angrier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale). Keduanya terobsesi untuk membuat ilusi panggung terbaik guna menarik hati penontonnya. Film ini juga menjadi ajang reuni Christian Bale, Michael Caine yang sebelumnya bekerja sama di Batman Begins (2005).

Meraih kritik positif, film ini memperoleh dua nominasi Academy Awards untuk kategori Best Art Direction dan Best Cinematography. Selain sukses secara kritik, film ini juga meraih pundi-pundi yang cukup memuaskan dengan $ 109.7 juta dari budget $40 juta.

4. Inception (2010)

Film terbaik Christopher Nolan-Inceptioninception-explained

Menawarkan cerita yang cerdas dan kompleks, Inception merupakan film yang jarang ditemukan. Tak hanya itu, Inception pun membuktikan bahwa Christopher Nolan tidak hanya mampu menghasilkan film yang berkualitas namun juga kesuksesan secara komersial. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini meraih $825 juta dari peredarannya di seluruh dunia.

Melakukan pengambilan gambar di 6 negara, film ini berkisah tentang Dom Cobb (Leonardo DiCaprio, seorang pencuri profesional yang mengambil informasi rahasia dengan menginfiltrasi alam bawah sadar. Suatu hari, ia diberi tugas yang hampir tidak masuk akal dengan bayaran penghapusan catatan kriminalnya yaitu memasukkan ide orang lain ke dalam pikiran si target.

Menampilkan visual yang sangat menawan, tak heran bahwa Inception berhasil membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Visual Effects. Selain itu, film ini juga berhasil membawa dua piala untuk kategori Best Sound Mixing dan Best Sound Editing.

5. Interstellar (2014)

film terbaik christopher nolan- interstellarFilm terbaik christopher nolan-interstellar

Mengambil setting dystopian future, Interstellar berkisah tentang sekelompok astronot yang melakukan perjalanan luar angkasa ke wormhole guna menemukan rumah baru untuk manusia. Dipengaruhi secara kuat oleh masterpiece milik Stanley Kubrick “2001: A Space Odyssey”, Interstellar menawarkan sinematografi yang sangat menawan untuk mata. Tak heran, film ini memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Visual Effect.

Tentunya, seperti film-film Christopher Nolan yang lain, Interstellar juga memperoleh pendapatan dan kritik positif. Bahkan pada minggu perilisannya, film yang dibintangi Matthew McConaughey dan Anne Hathaway bersaing ketat dengan Big Hero 6. Walaupun memperoleh respon positif, beberapa orang mengkritik pada akurasi pada pendekatan sains yang digunakan Nolan mengenai wormhole.

 

Itu dia deretan film terbaik Christopher Nolan. Apakah kamu sudah menonton semuanya? Atau ada yang belum? Nah, kalau sudah semua, yang mana favoritmu?