The end is near!

Dalam hitungan hari, film superhero paling diantisipasi tahun ini, Avengers: Infinity War akan tayang di bioskop tanah air. Kali ini, para Avengers dan sekutunya harus berjuang bersama untuk menyelamatkan bumi dari serangan Thanos.

Sebelum kamu menyaksikan Avengers: Infinity War, alangkah baiknya kamu tahu hal-hal seputar film yang disutradarai Anthony dan Joe Russo tersebut. Apa saja sih? Simak di bawah ini!

APA YANG TERJADI SEBELUM INFINITY WAR?

Untuk menjembatani beberapa kejadian antara Civil War ke Infinity War, Marvel merilis komik Prelude. Beberapa kejadian yang diceritakan adalah:

1. Nasib Bucky 

Pada end-credit scene Black Panther terlihat bahwa Winter Soldier  (Sebastian Stan) sedang berada di Wakanda. Adapun dalam komik tersebut dijelaskan bahwa usai menemui Captain America (Chris Evans) dan Bucky di Siberia, T’Challa (Chadwick Boseman) mengajak Bucky ke Wakanda untuk menyembuhkannya dari program HYDRA.

Shuri (Letitia Wright), berhasil mengulang pikiran Bucky dengan memisahkan kata-kata pemicu dari memori yang ditanam oleh HYDRA. Dengan algoritma yang sama ia juga berhasil mengembangkan AI milik Wakanda.
 
2. Nasib Avengers lainnya.
Beberapa materi promosi seperti trailer, poster dan lainnya tidak memuat Hawkeye. Dalam komik prelude, diceritakan Clint a.k.a Hawkeye (Jeremy Renner) memutuskan untuk pensiun dari Avengers. Captain America (Chris Evans) dan Falcon (Anthoniy Mackie)  sedang menjalani misi rahasia dan diketahui Black Widow (Scarlett Johansson) bergabung dengan mereka.

SIAPA ITU THANOS?

Thanos (Josh Brolin) merupakan alien yang lahir dari planet Titan. Di dalam komik, ia memiliki inteligensi superhuman, kekuatan, kecepatan dan stamina. Tak hanya itu, ia juga imortal, telepatik, dan tidak merasakan sakit.

Alien yang dikenal dengan sebutan Mad Titan ini pertama kali muncul di end credit film Avengers (2012). Dalam adegan tersebut, ia memerintah Loki (Tom Hiddleston) untuk membawa pasukan alien ke bumi untuk mengambil Tesseract, kotak kubus mistis yang berisi Space Stone.

Kemudian, dalam Guardians of Galaxy (2014), ia menugaskan Ronan the Accuser (Lee Pace) untuk membawa Orb misterius – yang mana mengandung Power Stone. Sayangnya ia gagal lagi karena aksi Guardians of Galaxy.

APA ITU INFINITY STONES?

“The only time I knew him, he only ever had one goal. To wipe out half the universe. If he gets all the Infinity Stones, he can do it with the snap of his fingers.” – GAMORA

Seperti yang dijelaskan di dalam trailer, tujuan Thanos adalah menghancurkan sebagian semesta. Untuk melakukannya, ia perlu mengumpulkan seluruh Infinity Stones.

Infinity Stones pertama kali dijelaskan dalam Guardians of the Galaxy oleh The Collector (Benicio Del Toro) dan terdiri dari 6 buah yaitu:

1. SPACE STONE

  • Tesseract digunakan dan disimpan oleh HYDRA saat Captain America: The First Avenger. Di akhir film Red Skull tersedot ke dalamnya dan Tesseract disimpan oleh Howard Stark dan S.H.I.E.L.D. Beebrapa tahun kemudian dicuri oleh Loki namun berhasil digagalkan oleh Avengers. Namun, di akhir Thor: Ragnarok ditunjukkan bahwa Loki mencurinya kembali.
  • Kekuatan : membuka portal di luar angkasa, menguatkan senjata berbahaya dan memperlihatkan kemungkinan masa depan.

2. MIND STONE

  • Tombak Loki memiliki Infinity Stone pada Avengers, namun pada Age of Ultron, batu tersebut berakhir pada kepala Vision.
  • Kekuatan : Mengendalikan orang lain.

3. REALITY STONE

  • Digunakan oleh Malekith (Christopher Eccleston) dalam Thor: The Dark World. Usai dikalahkan oleh Thor, batu tersebut masih disimpan oleh The Collector.
  • Kekuatan : Mengembalikan orang yang telah mati dan mengendalikan kegelapan.

4. POWER STONE 

  • Digunakan oleh Ronan (Lee Pace) dalam Guardians of the Galaxy. Star Lord (Chris Pratt) berhasil mengambilnya dari Ronan dan batu tersebut disimpan oleh Nova Corps, penjaga kedamaian di galaksi.
  • Kekuatan : Menghancurkan seluruh peradaban sebuah planet.

5. TIME STONE 

  • The green Eye of Agamotto yang digunakan oleh Doctor Strange (Benedict Cumberbatch). Batu tersebut digunakannya untuk membengkokan waktu dan mengalahkan Dormammu.
  • Kekuatan : Mengendalikan waktu mulai dari menghentikannya hingga membuat loop tanpa akhir.

6. SOUL STONE

  • Belum terlihat hingga saat ini, namun ada teori mengatakan bahwa Soul Stone terdapat di Wakanda. Di komik, batu ini memiliki kekuatan untuk menguasai seluruh jiwa di semesta baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.

Dalam trailer terlihat bahwa Thanos telah memiliki dua Infinity Stones yaitu Power Stone dan Space Stone.

INVASI THANOS KE BUMI

 

Sebelumnya dalam Avengers, bersama dengan Loki, Thanos mengirim pasukan Chitarui ke bumi untuk mengambil Tesseract. Usai kekalahan pasukannya, dalam post credit film yang disutradarai Joss Whedon, The Other pun memperingatkan Thanos bahwa manusia bukan lawan yang mudah dan untuk menantangnya seperti menantang kematian. Namun, mendengar pernyataan tersebut, Thanos tersenyum.

Sayangnya, usahanya kembali untuk merebut Infinity Stones berlanjut gagal di Guardians of the Galaxy. Tak hanya kehilangan Infinity Stones, ia pun kehilangan dua putri angkatnya, Gamora (Zoe Saldana)dan Nebula (Karen Gillan).

Thanos kembali muncul pada akhir credit scene, Age of Ultron pun muncul adegan di mana Thanos pun memutuskan untuk turun langsung ke medan perang. “Baiklah, aku akan melakukannya sendiri” ucapnya sambil memegang Infinity Gauntlet.

Pada akhir credit scene Thor: Ragnarok, terlihat kapal luar angkasa besar di dekat kapal milik Thor. Kapal tersebut dikonfirmasi sebagai Sanctuary 2, kendaraan baru milik Thanos. Adapun belum diketahui bagaimana Thanos menemukan mereka. Bisa saja Thanos melacaknya sendiri, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Loki yang memanggilnya.

APA YANG AKAN TERJADI USAI INFINITY WAR?

Avengers: Infinity War belum menjadi penutup dari Marvel Cinematic Universe. Seperti yang diketahui akan ada beberapa film yang rilis seperti Ant Man and the Wasp (Juli 2018), Captain Marvel (Maret 2019) dan Spider-Man: Homecoming 2 (2019).

Dan tentunya, masih ada Avengers 4 yang akan tayang setahun setelah Infinity War. Dengan adanya film yang awalnya diberi judul Infinity War: Part II ini, kisah Thanos dan pencarian Infinity Stones tentunya masih akan berlanjut. Namun, untuk bagaimana dan apa saja yang terjadi, masih berbentuk teori dan belum pasti.

Paling tidak, penantian tentang apa yang terjadi pada Avengers: Infinity War akan segera diketahui dalam hitungan hari tepatnya pada 25 April 2018 mendatang.