Pekan ini, pertarungan di atas ring di layar lebar kembali hadir lewat Creed II. Merupakan film kedelapan dari seri Rocky dan sekuel langsung dari Creed, film ini akan melanjutkan kisah Apollo Creed (Michael B. Jordan) yang kali ini harus menghadapi Viktor Drago (Florian Munteanu), putra dari Ivan Drago (Dolph Lundgren), petinju yang menewaskan ayahnya di atas ring 33 tahun lalu.

Menyambut perilisan Creed II pekan ini, ini dia 7 film tinju terbaik yang harus kamu tonton!

1. Rocky (1976)

Rocky dan film tinju terbaik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Tidak hanya fokus pada tema tinjunya, film yang disutradarai oleh John G. Avildsen ini juga fokus pada perjuangan Rocky  dari yang bukan siapa-siapa menjadi seorang juara. Berkat film ini, karir Sylvester Stallone langsung menanjak menjadi aktor papan atas di Hollywood.

Menjadi film dengan angka pendapatan tertinggi di tahun perilisannya, Rocky juga sukses dari segi kritik. Pada ajang Academy Awards, film ini memenangkan tiga dari sepuluh nominasi yang diterimanya termasuk kategori Best Picture. Bahkan, Rocky menempati posisi kedua film bertema olahraga terbaik oleh American Film Institute pada tahun 2008.

2. Creed (2015)

Tidak hanya sang legenda Rocky yang patut disebut sebagai film tinju terbaik, seri spin-off dan sekuelnya Creed juga pantas menerima sebutan yang sama. Balutan kisahnya pun fokus pada Apollo Creed (Michael B. Jordan) yang meneruskan estafet dari Sylvester Stallone. Berbeda dengan karakter Rocky yang diceritakan sederhana dan dari kelas pekerja, Creed meninggalkan segala kemewahannya demi belajar bertarung dan mengapa ia dibutuhkan di atas ring tinju di bawah pengarahan Rocky.

Walaupun sukses mencuri perhatian, Creed hanya menerima satu nominasi Academy Awards untuk Sylvester Stallone sebagai Best Supporting Actor. Hal ini pun memicu kemarahan penonton yang menyebut #OscarSoWhite dengan tidak menominasikan sang sutradara, Ryan Coogler (Black Panther) dan Michael B. Jordan.

3. The Fighter (2010)

Disutradarai oleh David O. Russell, The Fighter mengangkat kisah nyata dari Micky Ward (Mark Wahlberg) dan Dicky Eklund (Christian Bale), kakak adik yang terjun di dunia tinju profesional pada akhir 80-an. Eklund, petinju yang sempat bersinar harus kehilangan kejayaannya karena kecanduan kokain, ia pun melatih sang adik, Ward untuk terjun ke dunia tinju.

Merupakan salah satu film tinju terbaik di abad 21, The Fighter didukung penampilan solid dari jajaran bintangnya terutama Christian Bale. Untuk berperan dalam film ini, Bale menurunkan berat badannya secara ekstrim untuk mirip pecandu serta mempelajari cara bicara dan sikap Eklund. Dedikasinya ini pun menghadiahkannya satu piala Oscar untuk Best Supporting Actor.

4. The Champ (1931)

Film klasik yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika kamu memang suka dengan film yang mengangkat tinju sebagai tema utamanya. The Champ mengikuti kisah Andy ‘Champ’ Purcell (Wallace Beery), mantan petinju alkoholik yang kembali ke ring demi menghidupi putra semata wayangnya, Dink (Jackie Cooper).

Memiliki kisah yang begitu emosional didukung penampilan emosional dari jajaran pemainnya, tidak heran The Champ berhasil membawa pulang dua piala Oscar untuk Best Story dan Best Actor untuk Wallace Beery. Tentunya, ketika kamu memutuskan menyaksikan film ini, jangan lupa menyiapkan tisu di sampingmu!

5. Raging Bull (1980)

Jika Rocky menempati posisi kedua film olahraga terbaik dari daftar American Film Institute, tentu film yang menduduki puncak daftar tersebut tak boleh ketinggalan disebut. Film tersebut tak lain tak bukan adalah Raging Bull. Duet Robert de Niro muda dan sutradara Martin Scorsese dalam satu film tentu menjadi alasan mengapa film ini pantang untuk dilewatkan.

Raging Bull diadaptasi dari biografi Jake LaMotta, petinju kelas menengah Amerika yang memiliki kemarahan yang tak terkontrol dan kerap menyakiti diri sendiri dan keluarganya. Terlepas dari konten kekerasannya yang cukup eksplisit, Raging Bull sukses menerima respon positif dari kritik maupun penonton. Dinominasikan untuk 10 kategori Academy Awards, Raging Bull memenangkan dua di antaranya yaitu Best Actor untuk De Niro dan Best Editing.

6. The Boxer (1997)

Daniel Day-Lewis merupakan aktor yang terkenal dengan  performanya yang selalu soli dan menghayati di setiap film yang dibintanginya termasuk The Boxer. Disutradarai oleh Jim Sheridan, The Boxer mengikuti kisah Danny Flynn (Daniel Day-Lewis), petarung dan kriminal yang mencoba mengubah hidupnya usai bebas dari penjara. Dalam film ini, tinju pun digambarkan sebagai olahraga tempat di mana sang petinju dapat lari dari masalah dan bebam kehidupannya untuk sementara.

7. Million Dollar Baby (2004)

Pemenang Best Picture lain yang merupakan film bertema olahraga tinju adalah Million Dollar Baby. Berbeda dengan film tinju yang kebanyakan berfokus pada kisah petarung laki-laki, dalam film yang disutradarai oleh Clint Eastwood ini mengikuti kisah Maggie (Hillary Swank), mantan pelayan yang ingin terjun ke dunia petinju.

Film yang memiliki akhir kisah yang mengejutkan ini digadang-gadang sebagai salah satu karya terbaik Eastwood, Selain memenangkan penghargaan tertinggi, Million Dollar Baby juga memenangkan tiga piala Oscar lainnya dari kategori Best Director, Best Actress in Leading Role (Hillary Swank) dan Best Supporting Actor (Morgan Freeman).