Pasangan hidup bisa ditemukan di mana saja termasuk dari sahabat sendiri. Misalnya saja Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion, pasangan muda yang kini jadi panutan. Kisah cinta mereka pun diangkat dalam bentuk buku dan film dengan judul Teman Tapi Menikah.

Baik dalam penjualan buku maupun film, keduanya sukses di pasaran. Bahkan, saat ini film yang dibintangi oleh Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla tersebut hingga saat ini telah mengumpulkan 1,3 juta penonton (per 13 April 2018) lebih dan menjadi yang terlaris ketiga tahun ini.

Berteman sejak SMP

Ayudia Bing Slamet pertama kali bertemu dengan Ditto Percussion pada bangku SMP. Keduanya pun langsung menjadi sahabat baik setelah duduk sebangku. Persahabatan tersebut pun berlanjut selama 13 tahun lamanya.

Adapun dalam rentang kebersamaan mereka sebagai sahabat, tak satu pun di antara mereka yang mengungkap kata cinta. Hal tersebut pun turut diungkapkan Ditto dalam akun instagramnya.

“Gak pernah nembak. Biar pada gak salah paham selama 13 tahun itu gua hanya menunggu dengan tulus sebagai TEMAN. Gak pernah sekalipun menyatakan cinta!! yang ada ni cw @ayudiac bakal kabur kalo gw nembak dri jaman SMP atau SMA..ahahaha
Dan pasti keegeerann ni doi sekarang..ahahaha.” 

 


Bahkan selama rentang 13 tahun kebersamaan keduanya sebagai sahabat, mereka masing-masing mempunyai pasangan. Walaupun demikian, dalam buku #TemanTapiMenikah, pria dengan nama asli Muhammad Pradana Budiarto tersebut mengaku tidak pernah benar-benar menyukai pacarnya karena Ayu.

Berlanjut ke Jenjang Pernikahan

Setelah menjadi tempat curhat dan sahabat dekat selama belasan tahun. Akhirnya pada tahun 2015, Ditto pun memberanikan diri untuk menyatakan perasaannya kepada Ayu.

“Selama kurang lebih 13 tahun saya menunggu, Ayu selalu cerita kalau habis putus, tapi ga lama bilang udah ada yang baru, pasti selalu begitu, nah kebetulan waktu itu Ayu lagi sendiri, saya gerak cepat masuk dan memanfaatkan kesempatan itu, akhirnya jadian lah kita, beberapa bulan kemudian menikah,” ungkapnya pada peserta Community Festival 2016.

Tepat pada ulang tahun Ayudia Bing Slamet yang ke 25, 13 September 2015, keduanya pun mengikat janji suci di De La Rosa, Kemang, Jakarta Selatan. Kebahagiaan mereka pun semakin lengkap keduanya dikaruniai anak pertama pada 24 Mei 2016. Putra Ayu dan Ditto pun diberi nama Dia Sekala Bumi. Kepada Kapan Lagi, Ditto menjelaskan Dia merupakan gabungan dari Ditto dan Ayu).

“Alhamdulillah sudah lahir dengan selamat putra pertama kami. Namanya Dia Sekala Bumi. Kalau Dia dari kita berdua Ditto Ayudia. Terus kalau Sekala sebenernya yang terlihat. Jadi simple nya Dia (Ditto Ayudia) yang terlihat di bumi artinya.”  

Teman Tapi Menikah

Berawal dari sahabat hingga menjadi suami istri menjadikan kisah keduanya menarik untuk diketahui. Kisah cinta mereka pun diabadikan dalam bentuk buku. Hingga saat ini, telah ada dua jilid buku Teman Tapi Menikah. Dalam buku pertamanya, ceritanya lebih berfokus pada kisah persahabatan keduanya hingga menikah. Sedangkan pada jilid keduanya, berfokus pada persiapan pernikahan serta kehidupan keduanya setelah menikah hingga lahirnya Sekala.

Memasuki 3 tahun pernikahan, baik Ayu dan Ditto pun mengaku kadang merasa kaku saat bermesraan. Hal tersebut terjadi lantaran keduanya telah mengenal satu sama lain sejak kecil.

“Kita kan setemenan itu, pas menikah pasti mesra-mesraan dong. Cuma kadang kita suka skip tuh karena udah keburu geli duluan. Kayak gue mesra, dia diem. Giliran dia mesra, gue jijik. Jadi nggak pernah ketemu,” ucap keponakan Adi Bing Slamet tersebut saat peluncuran trailer Teman Tapi Menikah.

Walaupun demikian, keduanya pun berharap dapat menginspirasi orang banyak untuk melakukan hal yang sama dengan mereka.

“Aku sama Ditto dari zaman sekolah bener-bener sibuk sama passion masing-masing. Entah kenapa semesta ngasih tahu aja bahwa ini jodoh lo. Mau kita sesibuk apapun, kalau emang udah waktunya ketemu jodoh, ya Insya Allah ketemu. Makanya kenapa campaign kita disebut #TemanTapiMenikah karena kita beneran setemenan itu terus memutuskan untuk menikah, nggak pakai pacaran dulu,” jelas Ayudia.

Hal senada pun disampaikan oleh Ditto dalam kesempatan yang sama.

“Yang jelas kita seneng campaign kita viral. Kita penginnya banyak temen-temen yang tadinya kejebak friendzone jadi menikah juga, jadi kita dapet pahalanya hahaha,” tuntasnya.