Time travel atau perjalanan waktu bukanlah elemen baru yang digunakan untuk sebuah film. Terbukti dari banyaknya film time travel yang telah dibuat hingga saat ini. Belum diketahui secara pasti mengenai bagaimana cara kerjanya, film time travel pun hadir dengan teori-teori inovatif yang berbeda satu sama lain.

Terdapat dua jenis film time travel, ada yang melakukan perjalanan waktu ke masa depan atau masa lalu, namun ada juga yang terjebak dalam hari yang sama berulang kali atau lebih dikenal sebagai time loop. Yang akan dibahas di bawah ini, akan lebih fokus pada yang pertama. Nah, jadi apa saja sih film time travel terbaik yang pernah dibuat? Simak di bawah ini!

1. The Terminator (1984)

Loading...

Film fiksi ilmiah yang satu ini menjadi salah satu yang menggunakan time travel sebagai penggerak cerita. Sang antagonis, Terminator (Arnold Schwarzenegger) dikisahkan melaksanakan perintah pergi ke masa lalu untuk membunuh Sarah Connor (Linda Hamilton), ibu dari seorang anak yang akan menjadi penyelamat dalam perang melawan mesin. Memiliki ide menarik yang dieksekusi dengan sukses oleh James Cameron serta penampilan tak terlupakan dari Schwarzenegger dan Hamilton menjadikan The Terminator sukses di pasaran dan dibuatkan empat sekuel.

2. Back to the Future (1985)

Jika membahas tentang film time travel terbaik, bisa dibilang Back to the Future pasti akan selalu disebut. Film yang disutradarai oleh Robert Zemeckis ini mengikuti kisah seorang remaja bernama Marty McFly (Michael J. Fox) yang tanpa sengaja terdampar ke tahun 1955 setelah menggunakan mesin waktu temannya, Doc Brown (Christopher Llyod). Menggabungkan fiksi ilmiah, drama romantis dan komedi, Back to The Future tidak hanya menimbulkan sederet pertanyaan menarik namun juga sangat menghibur.

3. Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989)

Satu lagi film time travel yang menggabungkan komedi dengan fiksi ilmiah. Berbeda dengan Back to the Future, perjalanan ke masa lalu yang dilakukan oleh duo Bill (Alex Winter) dan Ted (Keanu Reeves) ini dilakukan dengan sengaja demi menyelesaikan tugas sejarah. Tak hanya menyajikan humor yang membuat tertawa dari awal hingga akhir, Bill & Ted’s Excellent Adventure juga semakin seru berkat chemistry kuat dari Winter dan Reeves. Film ketiganya, Bill & Ted Face the Music direncanakan rilis pada Agustus 2020 mendatang.

4. 12 Monkeys (1995)

Butuh film yang dijamin bakal mengajak penonton berpikir keras? 12 Monkeys jawabannya. Film yang mengikuti kisah seorang narapidana (Bruce Willis) yang melakukan perjalanan waktu ke tahun 2030-an demi mencari informasi mengenai sebuah wabah mengerikan muncul di 1990-an ini secara brilian mengeksplorasi mekanisme perjalanan waktu. Tak pelak, usai menonton, penonton bakal terpicu untuk membahas apa saja yang terjadi dalam filmnya.

5. The Time Traveler’s Wife (2009)

Perjalanan waktu yang dilakukan oleh tokoh utama dalam drama romantis yang satu ini bisa dibilang berbeda dari film-film time travel lainnya. Pasalnya, perjalanan waktu yang dilakukan oleh Henry (Eric Bana) disebabkan oleh gennya dan tidak dapat dikendalikan. Namun, siapa sangka, perjalanannya tersebut ternyata mempertemukannya dengan Claire (Rachel McAdams), gadis yang dapat menerima dirinya yang berbeda. Terlepas dari kisahnya yang dianggap tidak logis, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini menuai pujian berkat kisahnya yang manis dan kedalaman emosi yang dimiliki kedua karakter utamanya.

6. Midnight in Paris (2011)

Sesuai dengan judulnya, film ini mengambil latar tempat di Paris di mana sang tokoh utama, Gil Pender (Owen Wilson), seorang penulis yang menangani hubungannya dengan sang tunangan mendapati dirinya pergi ke masa lalu setiap hari pada tengah malam. Mengeksplorasi tema modernisme dan nostalgia, Midnight in Paris memberikan kisah sentimental dan mengena tentang seseorang yang terlahir di era yang salah.

7. Looper (2012)

Joe (Joseph Gordon-Levitt) bekerja sebagai pembunuh kontrak yang membunuh para korban dari masa depan yang dikirim ke masa lalu. Semua berjalan lancar sampai ia menemukan, tugas terakhirnya adalah membunuh dirinya yang sudah tua yang datang dari masa depan. Selain memiliki alur cerita yang menggunakan elemen perjalanan waktu dengan cerdas, Looper turut menuai pujian positif berkat keberhasilannya menghadirkan sederet adegan aksi yang menegangkan.

8. About Time (2013)

Rachel McAdams lagi-lagi memiliki kekasih yang dapat melakukan perjalanan waktu. Yang berbeda, kali ini, Tim (Domhnall Gleeson) dapat mengendalikan kemampuan ke masa lalu dan menjadikannya kesempatan untuk mengubah kehidupannya. Datang dari sutradara Love Actually, Richard Curtis, About Time tidak hanya menghadirkan romansa manis Tim dan Mary (McAdams), namun juga hubungan emosional dan penuh makna antara Tim dan sang ayah (Bill Nighy).

9. X-Men: Days of Future Past (2014)

Perjalanan waktu menjadi elemen yang juga beberapa kali digunakan dalam film pahlawan super. Dan salah satu yang paling berkesan hingga saat ini adalah X-Men: Days of Future Past. Mengambil dua latar waktu di mana Wolverine (Hugh Jackman) pergi ke tahun 1973 guna mengubah sejarah dan mencegah sebuah kejadian yang mengakibatkan akhir dunia bagi manusia dan mutan, instalmen ketujuh X-Men ini menuai pujian karena cerita, adegan aksi dan efek visual yang apik. Tak ketinggalan, jalan cerita yang diramu dengan cerdas ini juga berhasil menghapuskan kejadian dalam film yang kerap dianggap kesalahan terbesar dari seri ini, X-Men: The Last Stand.

10. Predestination (2014)

Seorang agen dengan pekerjaan menghentikan kejahatan sebelum itu terjadi menjadi sebuah premis yang terdengar tidak asing. Pasalnya, premis ini juga digunakan dalam Minority Report. Namun yang membuat Predestination berbeda dan masuk daftar ini adalah untuk melakukannya, sang agen melakukan perjalanan waktu. Film yang mengikuti kisah Agen Doe (Ethan Hawke) yang dalam misi terakhirnya diharuskan mengejar seorang kriminal yang membahayakan nyawa puluhan ribu orang ini hadir dengan kisah unik yang penuh dengan kejutan.

Loading...