Film yang diadaptasi dari video game bisa dibilang cukup banyak. Tahun ini saja, di kuartal pertama telah ada dua film yaitu Tomb Raider dan Rampage. Sayangnya, kebanyakan darinya mendapatkan kritik negatif dan gagal secara box office. Walaupun demikian, terdapat beberapa di antaranya yang bisa dibilang film adaptasi game terbaik. Apa saja sih? Simak di bawah ini!

1. Warcraft (2016)

IMDB: 6.9/10

Cinemascore : B+

Mengalami masa pengembangan yang cukup lama, film yang disutradarai oleh Duncan Jones ini dinilai merupakan adaptasi yang jujur dengan visual yang solid untuk para penggemarnya. Walaupun tidak memuaskan secara komersil, hingga saat ini Warcraft merupakan film adaptasi game dengan pendapatan tertinggi dengan $ 433 juta.

SINOPSIS:

Diadaptasi dari salah satu game paling terkenal berjudul sama, Warcraft berfokus pada perseteruan yang terjadi antara manusia dan orc yang mana terjadi di berbagai lokasi seperti pada seri video permainannya.

2. Silent Hill (2006)

IMDB: 6.6/10

Cinemascore : C

Merupakan fans berat dari game survival horor asal Jepang tersebut, Christophe Gans membutuhkan waktu lima tahun untuk meyakinkan Konami untuk mengadaptasinya menjadi film. Walaupun dikritik dari segi plot dan dialog, Silent Hill menerima pujian untuk visual, desain set, dan atmosfer yang dibangun. Selain cukup menyeramkan, adaptasi ini juga dinilai mendekati dengan game aslinya.

SINOPSIS:

Rose Da Silva (Radha Mitchell), yang mana anak adopsinya Sharon (Jodelle Ferland) mengalami mimpi buruk mengenai sebuah kota bernama Silent Hill. Tiba di kota tersebut, Rose mengalami kecelakaan mobil dan kehilangan putrinya, Sharon. Dalam pencariannya, ia pun harus melawan penduduk lokal yang berbentuk menyeramkan.

3. Mortal Kombat (1995)

IMDB: 5.8/10

Cinema Score : A-

Sebelum terkenal dengan Resident Evil, Paul W.S Anderson pertama kali mengarahkan film yang diadaptasi dari game lewat Mortal Kombat. Didukung dengan adegan pertarungan martial arts yang impresif dan menyenangkan untuk disaksikan, tidak heran film ini cukup mampu untuk dinikmati semua kalangan. Tak hanya itu, iringan musik technonya bisa menjadi nostalgia untuk para pemain game yang tumbuh pada tahun 90-an.

SINOPSIS:

Sekelompok juara martial arts dipilih oleh dewa abadi, Raiden (Christopher Lambert) untuk menyelamatkan bumi dari kekuatan jahat yang dipimpin oleh Shang Tsung (Cary-Hiroyuki Tagawa).

4. Resident Evil (2002)

IMDB: 6.7/10

Cinema Score : B

Diadaptasi dari game populer berjudul sama, Resident Evil merupakan franchise adaptasi game tersukses yang pernah dibuat. Memiliki sekuen aksi, design zombie serta performa Milla Jovovich yang cemerlang, menjadikan film ini memiliki 5 sekuel lanjutan yang tidak kalah sukses dari filmnya dari segi komersil.

SINOPSIS:

Alice (Milla Jovovich) bersama dengan kumpulan orang dari Umbrella Corporation  berusaha melawan sejumlah ilmuwan yang yang bermutasi menjadi zombie setelah kecelakaan laboratorium.

5. Lara Croft: Tomb Raider (2001)

IMDB: 5.8/10

Cinema Score : B

Memilih Angelina Jolie sebagai Lara Croft, adaptasi yang diangkat dari game Tomb Raider ini sukses secara box office saat perilisannya. Walaupun memiliki jalan cerita yang cukup tidak masuk akal, penampilan Jolie sebagai Lara menerima pujian. Tak heran, peran tersebut pun sangat lekat pada dirinya hingga saat ini.

SINOPSIS:

Lara Croft (Angelina Jolie), seorang arkeolog yang berusaha mengambil peninggalan bersejarah dari musuhnya, Illuminati.

6. Tomb Raider (2018)

IMDB: 6.8/10

Cinema Score : B

Berbeda dengan versi Angelina Jolie, yang mana mengenalkan Lara sudah sebagai arkeologi yang handal. Dalam versi 2018 ini, Tomb Raider mengangkat kisah latar belakang Lara. Penampilan Alicia Vikander sebagai Lara pun menerima kritik yang cukup beragam, sebagian memuji dirinya sebagai heroine yang tangguh, sedangkan yang lainnya menganggap ia terlalu datar.

SINOPSIS:

Tujuh tahun setelah ayahnya menghilang, Lara Croft (Alicia Vikander) hidup dengan pendapatan minim di London karena ia menolak untuk menandatangani dokumen yang menyatakan kematian ayahnya secara legal dan memberikan haknya untuk menerima warisan. Ia pun pergi ke destinasi terakhir ayahnya sebelum menghilang berharap menemukan jawaban.

7. Need For Speed (2014)

IMDB: 6.5/10

Cinema Score : B+

Diadaptasi dari game balap berjudul sama, film yang disutradarai oleh Scott Waugh ini menampilkan adegan stunt mobil yang memukau. Dibanding menggunakan efek CGI, Waugh yang merupakan mantan stuntman memaksa untuk menggunakan efek praktikal. Walaupun plot drama yang lumayan mengganggu, Need For Speed cukup sukses dengan pendapatan $200 juta dari seluruh dunia.

SINOPSIS:

Tobey Marshall (Aaron Paul) ingin memenangkan uang dari lomba balap ilegal untuk membuka kembali restoran keluarganya. Untuk dapat ikut, ia harus mengelilingi Amerika Serikat kurang dari 48 jam melawan Dino Brewster (Dominic Cooper)

8. Max Payne (2008)

IMDB: 5.4/10

Cinema Score : C

Bergenre neo-noir, Max Payne diangkat dari game berjudul sama produksi Remedy Entertainment. Memiliki cukup banyak perbedaan dari video gamenya, film ini mendapat kritik yang cukup negatif. Walaupun demikian, sebagai film aksi, Max Payne masih mampu menawarkan aksi yang cukup menghibur. Di pekan pertama rilis, film yang disutradarai oleh John Moore ini menduduki posisi puncak dengan $ 17 juta.

SINOPSIS:

Max Payne (Mark Wahlberg), detektif polisi yang keluarganya terbunuh bersama dengan pembunuh bayaran yang ingin membalas dendam atas kematian adiknya bekerja sama untuk menyelesaikan kasus pembunuhan di New York, Keduanta pun diburu oleh polisi, massa dan perusahaan yang kejam.

9. Prince of Persia (2010)

IMDB: 6.6/10

Cinema Score : B

Dibintangi oleh Jake Gyllenhaal dan Gemma Arterton, Prince of Persia merupakan adaptasi dari game berjudul sama produksi Ubisoft. Terlepas dari kontroversi whitewashing pada karakternya, Prince of Persia menghadirkan sekuen aksi dan petualangan yang menghibur. Sayangnya, film yang direncanakan akan menjadi franchise seperti Pirates of the Caribbean ini tidak terlalu sukses secara komersil.

SINOPSIS:

Dastan (Jake Gyllenhaal), pangeran yang sedang buron berusaha menghentikan penjahat yang ingin menghancurkan dunia dengan pisau belati yang mempu membuat pasir ajaib di dalamnya memutarbalikkan waktu.

10. Doom (2005)

IMDB: 5.2/10

Cinema Score : B-

Diadaptasi dari game berjudul sama milik idSoftware, Doom dibintangi oleh bintang kelas satu seperti Rosamund Pike, Dwayne Johnson dan Karl Urban. Memiliki naskah dan plot yang cheesy menjadikan film ini tidak hanya gagal dari segi kritik namun juga komersil. Walaupun demikian yang membuat film ini istimewa adalah salah satu adegannya yang membuat aksi dalam mode orang pertama. Membuat film adaptasi game tampak seperti video game sesungguhnya tentulah hal yang sangat langka.

SINOPSIS:

Sekelompok tim marinir luar angkasa, Rapid Response Tactical Squad, yang dipimpin oleh Sarge (Dwayne Johnson) dikirim ke fasilitas sains di Mars setelah ada laporan dari keamanan. Mereka pun terjebak dalam situasi di mana sekelompok pembunuh yang disuntik dengan DNA Alien kabur dan membunuh orang-orang.