Sejak jaman dahulu, film musikal selalu memiliki tempat di hari para penggemarnya. Dilengkapi dengan naratif yang disampaikan lewat lagu dan tarian, film musikal merupakan pengembangan dari pertunjukkan teater setelah teknologi suara semakin maju. Menutup tahun 2017 kemarin, Indonesia dimeriahkan dengan kehadiran film musikal terbaru, The Greatest Showman.

Disutradarai oleh Michael Gracey, The Greatest Showman terinspirasi dari kisah P.T. Barnum yang membangun Barnum & Bailey Circus. The Greatest Showman dibintangi oleh sederet bintang seperti Hugh Jackman, Zac Efron, Zendaya, Michelle Williams dan Rebecca Ferguson.

Selain The Greatest Showman, ini 10 film musikal terbaik yang wajib untuk disaksikan oleh penggemar film musikal. Nah apa saja? Simak di bawah ini!

1. Singin’ in the Rain (1952)

Film Musikal Terbaik - Singin' in the Rain Film Musikal Terbaik - Singin' in the Rain

Sering disebut sebagai film musikal terbaik, tentunya film klasik Hollywood Singin’ in the Rain tak boleh luput dari daftar ini. Film ini menampilkan salah satu adegan ikonik dan paling terkenal sepanjang masa yaitu ketika Don Lockwood (Gene Kelly) benyanyi dan menari dengan payung saat hujan dengan lagu Singin’ in the Rain.

Diarahkan dan dikoreografi oleh Gene Kelly dan Stanley Donen, Singin’ in the Rain menceritakan Hollywood pada akhir tahun 1920-an dengan ketiga bintang utamanya yang diceritakan terjebak di era transisi ‘film bisu’ menjadi ‘film bicara’. Dibintangi oleh Gene Kelly, Donald O’Connor, dan Debbie Reynolds, Singin in the Rain menempati posisi lima besar The Greatest American Movie milik AFI.

2. My Fair Lady (1964)

My Fair Lady - film musikal terbaik My Fair Lady - film musikal terbaik

Diadaptasi dari drama musikal panggung berjudul sama karya Alan Jay Lerner dan Frederick Loewe (yang dibuat berdasarkan drama panggung George Bernard Shaw, Pygmalion), My Fair Lady mengikuti kisah Henry Higgins (Rex Harrison), seorang profesor fonetik arogan mengajari penjual bunga miskin, Eliza Doolitle (Audrey Hepburn) bicara bahasa Inggris yang tepat agar diterima oleh masyarakat kalangan atas London.

Didukung penampilan kedua bintang utamanya yang memukau, My Fair Lady memperoleh 12 nominasi Academy Awards dan memenangkan 8 di antaranya. Kategori yang dimenangkan termasuk Best Picture, Directing untuk George Cukor, dan Best Actor untuk Rex Harrison.

3. Grease (1978)

grease - film musikal terbaik grease - film musikal terbaik

Musim panas 1958, anak laki-laki badung Danny Zuko (John Travolta) bertemu dengan gadis baik-baik Sandy Olsson (Oliver Newton John) yang sedang berlibur di pantai. Keduanya pun jatuh cinta, namun semua itu berakhir ketika Sandy kembali ke Australia. Ketika kedua orang tuanya memutuskan untuk pindah dari Australia, Sandy pun menemukan dirinya bersekolah di tempat yang sama dengan Danny.

Disutradarai oleh Randal Kleiser, pada saat perilisannya Grease tidak hanya sukses baik dari segi kritik namun juga komersilnya. Bahkan, penjualan soundtrack Grease merupakan album dengan penjualan tertinggi kedua tahun 1978 setelah Saturday Night Fever (juga dibintangi oleh John Travolta). Lewat film ini pula, karir John Travolta sebagai bintang internasional semakin bersinar.

4. West Side Story (1961)

west side story - film musikal terbaik west side story - film musikal terbaik

Disutradarai oleh Robert Wise dan Jerome Robbins, West Side Story adalah sebuah film musikal yang terinspirasi dari novel paling terkenal William Shakespeare, Romeo and Juliet. Dalam film ini dikisahkan Tony Wyzek (Richard Beymer), salah satu pendiri Jets jatuh cinta kepada adik perempuan musuhnya (geng Sharks), Maria Nunez (Natalie Wood).

Memperoleh kritik positif, West Side Story memenangkan 10 dari 11 kategori yang diterimanya pada ajang Academy Awards ke-34 termasuk Best Picture. Hingga saat ini, West Side Story masih menjadi film musikal dengan raihan piala Oscar terbanyak.

5. Cabaret (1972)

Cabaret - film musikal terbaik Cabaret - film musikal terbaik

Mengambil latar waktu ketika Republik Weimar di Berlin (1931) di bawah kepemimpinan Nazi, Cabaret dibuat berdasarkan Broadway berjudul sama yang diadaptasi dari novel The Berlin Stories karya Christopher Isherwood. Disutradarai oleh Bob Fosse, film ini berpusat pada karakter Sally Bowles (Liza Minnelli) penyanyi kabaret di klub Kit Kat yang terjebak dalam inta segitiga dengan pengajar Inggris dan playboy Jerman.

Lewat Cabaret, Bob Fosse membuktikan kepiawaiannya kembali setelah sebelumnya mengalami kegagalan saat menggarap Sweet Charity. Tak hanya Fosse, pujian juga tak luput diterima oleh Liza Minnelli yang tampil memukau sebagai bintang utama dalam film ini. Berkat penampilannya di Cabaret, ia meraih piala Oscar untuk Best Actress dan menjadi bintang internasional.

6. Oliver! (1968)

Oliver! film musikal terbaik Oliver! film musikal terbaik

Merupakan film produksi Inggris, Oliver! mengikuti kisah Oliver Twist (Mark Lester) yang kabur dari panti asuhan dan bertemu dengan sekelompok copet yang dilatih oleh mentor yang sudah berumur. Diarahkan oleh Carol Reed, film ini menampilkan bintang muda yang belum dikenal seperti Mark Lester, Shani Wallis, dan Jack Wild.

Diadaptasi dari drama panggung berjudul sama, Oliver! memenangkan 6 dari 11 kategori Academy Awards termasuk Best Picture dan Best Director. Film ini menjadi film musikal terakhir yang memenangkan kategori Best Picture pada abad 20.

7. Moulin Rouge! (2001)

Moulin Rouge! - film musikal terbaik Moulin Rouge! - film musikal terbaik

Diarahkan oleh Baz Luhrmann, Moulin Rouge! mengikuti kisah seorang penyair/penulis bernama Christian (Ewan McGregor) yang jatuh cinta kepada penyanyi kabaret yang juga merupakan bintang dari Moulin Rouge (Nicole Kidman).

Menampilkan beberapa adegan yang mirip seperti video musik oleh beberapa kritikus, Moulin Rouge! menggunakan cukup banyak lagu populer sehingga membutuhkan waktu 2 tahun untuk mengurus lisensi hak ciptanya. Walaupun tidak memenangkan Best Picture pada ajang Academy Awards, Moulin Rouge! dinobatkan sebagai film terbaik oleh National Board of Review dan Golden Globes.

8. Chicago (2002)

Chicago - film musikal terbaik chicago- film musikal terbaik

Dibintangi oleh Renee Zellweger dan Catherine Zeta-Zones, Chicago berkisah tentang Roxie Hart dan Velma, narapidana yang bersaing satu sama lain untuk memperoleh ketenaran sambil menunggu kepastian sidang mereka. Disutradarai oleh Rob Marshall, persaingan keduanya membuat dua karakter perempuan tersebut adalah yang paling badass dalam sejarah film musikal.

Selain keduanya, narapidana perempuan lain juga ditampilkan kuat. Misalnya pada adegan, keenam narapidana termasuk Velma (Zeta-Zones) menyanyikan Cell Block Tango yang menceritakan alasan kenapa mereka dipenjara. Tak heran, hingga saat ini Chicago merupakan satu-satunya film musikal yang memenangkan kategori Best Picture pada ajang Academy Awards setelah Oliver!.

9. Les Miserables (2012)

les miserables - film musikal terbaik les miserables - film musikal terbaik

Mengambil latar tempat di Prancis pada awal abad 19, Les Miserables menceritakan kisah Jean Valjean (Hugh Jackman), mantan narapidana yang sukses mengubah hidupnya dan menjadi walikota. Walaupun harus waspada dari kejaran inspektur polisi Javert (Russell Crowe), ia mengurus Cosette (Amanda Seyfried) anak di luar nikah dari Fantine (Anne Hathaway), salah satu pekerjanya yang jatuh ke lubang prostitusi.

Setelah Chicago, Les Miserables merupakan film musikal pertama yang berhasil meraih nominasi untuk kategori tertinggi pada ajang Academy Awards, Best Picture. Walaupun gagal meraihnya, penampilan total Anne Hathaway ketika memerankan Fantine terutama saat menyanyikan I Dreamed a Dream memperoleh Oscar untuk Best Supporting Actress.

10. La La Land (2016)

film musikal terbaik - la la land film musikal terbaik - la la land

Merupakan salah satu kontender Best Picture pada ajang Academy Awards tahun lalu, La La Land merupakan film musikal modern arahan Damien Chazelle. Dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone, La La Land mengikuti kisah keduanya yang jatuh cinta sambil mengejar mimpi mereka masing-masing.

Memecahkan rekor dengan meraih 14 nominasi Oscar (terbanyak bersama dengan Titanic dan All About Eve), La La Land memenangkan 6 kategori di antaranya Best Director untuk Damien Chazelle, Best Actress untuk Emma Stone dan Best Original Song – City of Stars. Salah satu adegan terbaik dalam film ini adalah adegan pembukanya dengan lagu Another Day of Sun serta akhir penutup film yang cukup meninggalkan kesan bagi penontonnya.