Hiu merupakan salah satu predator terganas yang hidup di laut. Tak heran, kisah mengenai teror hiu kerap kali diangkat ke dalam film. Yang terbaru, hiu purba raksasa setinggi 75 kaki, Megalodon bakal meneror bioskop tanah air lewat The Meg. Untuk menyambut perilisan film yang dibintangi Jason Statham tersebut, berikut 10 film hiu terbaik yang harus kamu tonton!

1. Jaws (1975)

Bukan menjadi rahasia, dari seluruh deretan film hiu, Jaws merupakan yang terbaik sepanjang masa. Walaupun dibuat pada masa di mana teknologi film belum terlalu mutakhir, namun dengan film yang disutradarai Steven Spielberg tersebut mampu menakuti para penontonnya dengan efektif. Adegan menegangkan dari film ini justru menakuti penonton ketika tak ada satu pun hiu terlihat. Iringan skor John Williams pun menambah tensi ketegangan.

2. Sharknado (2013) 

Apa jadinya jika serangan hiu dan tornado bergabung jadi satu? Inilah yang diusung oleh Sharknado. Merupakan tipe film kelas B, film yang disutradarai Anthony C. Ferrante ini sukses memiliki penggemarnya sendiri berkat pembawaannya yang tidak serius. Dialog yang kacau, pengembangan karakter yang tidak masuk akal hingga CGI yang buruk malah menjadi nilai jual dari film ini. Kesuksesannya pun membuat Sharknado telah memiliki empat sekuel.

3. The Shallows (2016)

The Shallows adalah sebuah kisah perjuangan manusia untuk bertahan hidup melawan hiu. Disutradarai oleh Jaume Collet-Sera, film ini mengikuti kisah Nancy Adams (Blake Lively) yang perjalanan berkabungnya menjadi bencana ketika ombak besar menyerangnya saat berseluncur. Didukung performa meyakinkan Lively sebagai seorang perempuan yang hanya mengandalkan akal untuk melawan hiu, The Shallows sukses membangun ketegangan di sepanjang film.

4. Deep Blue Sea (1999)

Terinspirasi dari pengalaman salah satu penulis naskahnya, Duncan Kennedy yang menyaksikan serangan hiu di pantai dekat rumahnya dan kejadian tersebut menghantuinya lewat mimpi buruk bahwa hiu bisa berkomunikasi manusia, hiu di Deep Blue Sea tidak hanya ganas namun juga cerdas. Menampilkan CGI yang luar biasa pada masanya, film yang disutradarai oleh Renny Herlin ini meraih status cult berkat ketepatan dalam membangun ketegangan dan kejutan.

5. 47 Meters Down (2017)

Disutradarai oleh Johannes Roberts, 47 Meters Down mengikuti kisah dua kakak adik yang pergi dengan tabung kaca untuk melihat hiu dari dekat. Ketika kabel yang menahan tabung tersebut putus, keduanya pun terjebak di dalamnya dengan keadaan kurang oksigen dan hiu putih besar meneror. Walaupun teror dalam film ini tidak seintens film-film lainnya, namun kisah perjuangan Claire Holt dan Mandy Moore dengan segala hambatannya untuk keluar dari tabung tersebut memberi nilai lebih untuk film ini. Sukses secara komersil, sekuelnya 48 Meters Down akan tayang 28 Juni 2019.

6. Open Water (2004)

Terinspirasi dari kisah nyata di mana sepasang turis menghilang setelah perahu mereka tanpa sengaja meninggalkan keduanya, Open Water merupakan sebuah gambaran mengerikan mengenai apa yang terjadi dengan keduanya ketika menunggu bantuan. Yang membuat film ini menarik bagi penonton adalah bagaimana dialognya cukup dekat dan dukungan performa dua bintang utamanya, Blanchard Ryan dan Daniel Travis. Tak hanya itu, pengambilan gambar bersama hiu asli di laut terbuka menambah ketegangan pada puncak film.

7. The Reef (2010)

Dalam perjalanan menuju Indonesia, sekelompok orang dewasa harus berenang di laut terbuka usai perahunya terbalik. Sayangnya, bukan lolos dari musibah, mereka malah mendapati diri masing-masing masuk ke wilayah hiu. Satu demi satu, mereka pun menjadi mangsa hiu.

Sama seperti Open Water, The Reef juga melakukan pengambilan gambar dengan hiu asli. Serangan demi serangan intens yang hadir dalam film membuktikan tanpa kisah yang terlalu rumit atau biaya besar, ketegangan penonton tetap dapat terbangun di sepanjang film lewat arahan cerdas dari Andrew Traucki.

8. Bait (2012)

Berbeda dari film hiu kebanyakan yang mengambil latar tempat di laut, Bait menggunakan supermaket sebagai tempat terjadinya teror. Dalam film yang disutradarai oleh ini Kimble Rendall ini mengikiti kisah sekelompok pengunjung terjebak di pasar Australia akibat Tsunami dan para hiu pembunuh pun terbawa arus ke dalam supermarket tersebut. Terlepas dari jalan cerita yang tidak masuk akal, Bait memiliki pesonanya sendiri dalam membangun adegan penyerangan yang cukup menegangkan.

9. Shark Water (2007)

Suka hiu namun tidak dengan film-film yang penuh darah serta menunjukkan kekejaman predator laut tersebut? Film dokumenter Shark Water bisa menjadi pilihan. Dalam film ini, mendiang Rob Stewart mengeksplorasi perburuan hiu di seluruh dunia serta mengekspos eksploitasi dan korupsi dalam industri perburuan hiu di Pulau Cocos, Kostarika dan Pulau Galapagos, Ekuador. Perilisan film ini sukses membuat kegiatan mengambil sirip hiu dicekal di seluruh dunia.

10. Shark Tale (2004)

Kata siapa hiu selalu jahat dan kejam? Dalam film animasi Shark Tale, terdapat Lenny Lino (Jack Black) seekor anak hiu yang menjadi vegetarian. Tak hanya itu, dalam film ini ia juga turut membantu Oscar (Will Smith), ikan kecil yang diburu ayahnya.

Selain Jack Black dan Will Smith, Shark Tale juga didukung oleh pengisi suara papan atas lainnya seperti Robert De Niro, Renee Zellweger, dan Angelina Jolie.