Sebagai salah satu sineas berbakat, nama Joko Anwar memang sudah tidak asing lagi di telinga. Setiap film yang ia sutradarai bisa dibilang selalu menerima respon yang cukup positif. Pekan ini, film arahan terbarunya Pengabdi Setan akan meramaikan bioskop tanah air.

Pengabdi Setan merupakan remake dari film tahun 1980 berjudul sama. Film aslinya sendiri merupakan salah satu film horor terbaik Indonesia. Tidah hanya memiliki fans dari dalam negeri, film dengan judul internasional Satan’s Slave ini juga mempunyai fans setia dari kancah internasional.

Dalam wawancaranya dengan Rolling Stone Indonesia, Joko Anwar mengungkapkan Pengabdi Setan merupakan film favorit masa kecilnya dan sepuluh tahun belakangan ini ia telah mengutarakan keinginannya untuk menggarap film ini. Berkat kegigihannya, tahun lalu ia pun diijinkan oleh Rapi Films untuk menggarap ulang film tersebut.

Untuk menyambut perilisan Pengabdi Setan, kali ini Movieden akan membagikan 5 film terbaik Joko Anwar! Nah, simak di bawah ini!

1. Janji Joni (2005)

Janji Joni - Film Terbaik Joko Anwar Janji Joni - Film Terbaik Joko Anwar 

Merupakan karya debut dari Joko Anwar, Janji Joni berkisah tentang Joni (Nicholas Saputra), seorang pengantar roll film yang selalu tepat waktu dalam melaksanakan tugasnya. Suatu hari ia pun bertemu dengan perempuan cantik (Mariana Renata) yang akan memberitahukan namanya jika Joni berhasil mengantarkan roll film tepat waktu. Ia pun harus melewati berbagai halangan dan peristiwa tak terduga.

Cerita dalam film Janji Joni ini ditulis oleh Joko Anwar ketika ia masih duduk di bangku kuliah. Film ini merupakan salah satu peraih box office terbesar di tahun 2005. Tak hanya itu, film ini memenangkan Best Movie pada MTV Indonesia Movie Awards 2005 dan juga masuk dalam seleksi beberapa festival film internasional bergengsi seperti Sydney Film Festival.

2. Kala (2007)

Kala - Film Terbaik Joko Anwar Kala - Film Terbaik Joko Anwar

Dua tahun berselang dari Janji Joni, Joko Anwar kembali ke dunia perfilman lewat Kala. Disebut-sebut sebagai film noir pertama Indonesia, Kala dinilai sebagai lompatan tinggi dalam sejarah perfilman Indonesia. Bahkan, majalah terkenal dari Inggris, Sight & Sound menyebutkan bahwa Joko Anwar merupakan salah satu sutradara tercerdas di Asia.

Kala berkisah tentang Janus (Fachry Albar), wartawan dan Eros (Ario Bayu), polisi yang harus dihadapkan dengan peristiwa pembunuhan. Rangkaian pembunuhan tersebut sedikit demi sedikit terkuak dan menuju satu titik permasalahan yaitu harta karun yang menjadi rebutan banyak pihak dan memakan korban termasuk melibatkan petinggi-petinggi negara.

3. Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang -  Film Terbaik Joko Anwar Pintu Terlarang -  Film Terbaik Joko Anwar

Dibintangi oleh Fachry Albar, Ario Bayu, Marsha Timothy dan Tio Pakusadewo, Pintu Terlarang berkisah tentang Gambir (Fachry Albar) pematung sukses yang kehidupannya berubah 180 derajat setelah ia menerima pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya.

Walaupun kurang sukses saat tayang di bioskop, Pintu Terlarang meraih pujian positif dari berbagai kritikus. Tak hanya itu, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sekar Ayu Asmara juga memenangkan penghargaan tertinggi sebagai film terbaik dalam ajang Puchon International Fantastic Film Festival 2009.

4. Modus Anomali (2012)

Modus Anomali -  Film Terbaik Joko Anwar Modus Anomali -  Film Terbaik Joko Anwar

Dirilis dengan judul internasional ‘Ritual‘, Modus Anomali berkisah tentang John Evans (Rio Dewanto) yang sedang berlibur dengan istri dan kedua anaknya. Kedatangan tamu tak diundang, John harus mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Ia pun harus berpacu dengan waktu demi bertemu kembali dengan keluarganya.

Sama seperti film-film lain karya Joko Anwar, Modus Anomali juga dinominasikan di ajang internasional dan memenangkan penghargaan Molins de Rei Horror Film Festival 2012 pada kategori Best Director untuk Joko Anwar.

5. A Copy of My Mind (2016)

A Copy of My Mind -  Film Terbaik Joko Anwar A Copy of My Mind -  Film Terbaik Joko Anwar

Berlatar sibuknya ajang Pilpres 2014, A Copy of My Mind mengangkat kisah dua orang rakyat jelata, Sari (Tara Basro) dan Alek (Chicco Jerikho) yang tanpa sengaja terjebak dalam pusaran politik pejabat tinggi yang kotor. Berbeda dengan film lain yang kebanyakan menyorot keglamoran hidup masyarakat kelas atas, Joko Anwar menampilkan kehidupan masyarakat kelas bawah dalam film ini.

A Copy of My Mind dinominasikan untuk 7 kategori dalam ajang Festival Film Indonesia 2015 dan memenangkan 3 diantaranya yaitu Sutradara Terbaik (Joko Anwar), Pemeran Utama Perempuan Terbaik (Tara Basro) dan Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa dan Yusuf Patawari)

Itu dia film-film terbaik Joko Anwar. Sudah nonton semuanya? Yang mana favoritmu? Jangan lupa untuk menonton Pengabdi Setan yang tayang pada 28 September 2017.