Film produksi Jepang, One Cut of the Dead menjadi salah satu film yang tak disangka kesuksesannya tahun lalu. Merupakan film indie, film ini hanya melakukan pengambilan gambar selama 8 hari dan biaya $27 ribu dollar (388 juta rupiah). Terlepas dari singkat dan murahnya produksi, berkat pujian dari mulut ke mulut film ini sukses mengumpulkan lebih dari $30 juta (431 milyar rupiah)dari dua juta penonton di Jepang.

Sayangnya menjelang perilisannya di Inggris, peristiwa tidak menyenangkan terjadi kepada One Cut of the Dead. Amazon Prime merilis bajakan film One Cut of the Dead di platform streaming mereka. Merupakan kesalahan yang fatal, munculnya versi bajakan tersebut pun memicu kemarahan dari pihak distributor, Three Window Films. Hal tersebut pun disampaikan lewat akun media sosial resmi mereka.

“Versi ONE CUT OF THE DEAD Amazon dan Amazon Prime Inggris adalah rilisan tidak legal. Sebagai agen dan distributor penjualan global dari film tersebut, kami tidak meletakkanya di sana dan itu tidak seharusnya berada di sana. Tolong menontonnya di bioskop Inggris dari 4 Januari!!” 

Kesalahan ini pun terjadi tidak terlepas dari Amazon Prime yang berperan ganda sebagai platform streaming ekslusif dari Amazon dan tempat orang-orang dapat mengunggah videonya sendiri seperti di Youtube. Maka, ketika para pengguna mengetik One Cut of the Dead dalam kolom pencarian, film tersebut akan muncul. Tidak jarang, para penonton pun mengira bahwa film yang telah ditonton dua juta orang di Jepang ini dirilis oleh channel resmi dan telah berkontribusi terhadap para pihak yang terlibat dalam pembuatan film tersebut yang nyatanya tidak sama sekali.

Pada akhirnya, beberapa saat setelah diprotes versi bajakan One Cut of the Dead pun berhasil ditarik dari Amazon Prime.

“Terima kasih kepada dukungan semua orang, kami telah berhasil menghapus versi BAJAKAN dari ONE CUT OF THE DEAD dari @primevideouk @PrimeVideo. Tidak ada permintaan maaf atau penjelasan resmi dari Amazon. Mempertimbangkan kondisi finansial dan implikasi legal bahwa itu adalah sebuah pertunjukan yang buruk. Bereskan dirimu @amazon!!!” lanjutnya

Thanks to everyone’s support we’ve managed to get the PIRATED version of ONE CUT OF THE DEAD off @primevideouk @PrimeVideo. No apology or real explanation from Amazon. Considering the financial and legal implications that’s a pretty poor show. Sort yourselves out @amazon!!!

— Third Window Films (@thirdwindow) December 31, 2018

One Cut of the Dead merupakan sebuah film komedi yang bercerita tentang zombie dan film yang dibuat dengan biaya kecil. Adapun, film ini telah tayang di bioskop tanah air pada Festival Film Jepang 2018 dan secara reguler pada akhir tahun lalu.