Loading...

Larangan spoiler Avengers: Endgame telah dicabut Senin lalu. Tentunya, hal ini pun membuat perbincangan untuk membahas apa saja yang terjadi di Avengers: Endgame pun mulai dilakukan. Satu hal yang menarik perhatian dari film yang disutradarai oleh Russo Brothers tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah adegan di mana Captain America (Chris Evans) berhasil mengangkat palu milik Thor (Chris Hemsworth), Mjolnir pada babak final pertarungan melawan Thanos dan pasukannya.

Lalu apa yang membuat Captain America mampu mengangkat palu Thor? Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah karena ia ‘pantas’. Mjolnir sendiri diketahui merupakan senjata yang diberikan Odin (Anthony Hopkins) kepada Thor. Walaupun demikian, palu tersebut hanya bisa digunakan oleh orang yang benar-benar dianggap ‘pantas’.

Pada film pertama Thor, Dewa Petir tersebut pun sempat tidak bisa mengangkat Mjolnir setelah Odin pun memberikan jampi untuk palu tersebut supaya hanya bisa digunakan oleh orang yang pantas. Hal tersebut disebabkan oleh keegoisannya berperang guna menunjukkan keperkasaannya. Hingga pada akhirnya, ia menjadi pantas setelah rela berkorban untuk orang-orang yang dicintainya.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Ending Film Avengers: Endgame

Bukan menjadi rahasia, Captain America adalah seorang pahlawan super yang menjunjung tinggi moral dan rela berkorban. Tak heran, ia pun menjadi sosok yang pantas menggunakan Mjolnir. Nyatanya, hal ini pun sebenarnya bukan pertama kali ia bisa lakukan di Avengers: Endgame melainkan pada Age of Ultron. Dalam podcast MTV, Happy Sad Confused, Anthony Russo menyatakan bahwa sejak awal ia memang telah pantas untuk mengangkatnya dan memilih tidak melakukannya dalam film kedua Avengers tersebut.

“Dia tidak tahu sampai di saat di mana sebuah momen di Ultron ketika dia mencoba mengangkatnya, Cap pada saat itu sadar ia mampu mengangkat palu tersebut tetapi kesadaran karakter Cap dan kerendahan hatinya dan rasa hormat pada ego Thor, membuatnya tidak melakukannya.”

Sebelumnya, para penggemar membuat teori mengenai alasan mengapa Cap tidak mengangkat Mjolnir pada Age of Ultron. Salah satunya adalah anggapan saat itu memang Cap tidak bisa karena rasa bersalahnya telah menyembunyikan kematian orang tua Tony dari Stark. Setelah mereka telah berdamai di Endgame, beban tersebut pun terangkat dan membuat ia mampu. Namun, dengan keterangan sang sutradara ini, maka hal ini menjelaskan dialog Thor, “Saya sudah tahu” ketika ia melihat Cap mengangkat palunya tersebut.