Bulan Desember semakin dekat, yang mana artinya film superhero DC yang paling dinanti tahun ini, Aquaman akan segera tayang. Walaupun demikian, reaksi pertama para kritikus yang menyaksikannya terlebih dahulu sudah dapat disimak mulai Senin kemarin.

Aquaman pertama kali ditayangkan secara terbatas pada acara media 14 November. Baik kritik maupun reporter pun boleh membagikan pendapatnya mulai Senin kemarin ketika embargo dicabut. Secara mengejutkan, film yang disutradarai oleh James Wan ini meraih respon yang positif bahkan digadang-gadang sebagai film terbaik dari DCEU.  Berikut beberapa reaksi pertama kritikus yang ada di media sosial:

Tom Jorgensen (IGN) menuliskan bahwa Aquaman adalah film terbaik DC sejak The Dark Knight. Tak hanya itu, dalam cuitannya ia pun memuji cara James Wan menampilkan visual bawah laut yang menawan, adegan aksi yang mengasyikkan dan banyak tawa. Bahkan, ia meminta Warner Bros memberikan hak cipta DCEU kepada sang sutradara.

Erik Davis (Fandango):

#Aquaman adalah film DC paling ambisius sampai saat ini — sebuah tontonan visual besar terlentang yang indah, gila, dan penuh dengan aksi yang dashyat, dan banyak kesenangan yang dapat disaksikan. James Wan, menurut saya, adalah bintang sebenarnya – dia mengangkat materialnya, membuatnya menjadi menghibur dan menaklukkannya. 

Ashley Menzel (We Live Entertainment):

#Aquaman adalah kesenangan yang melampaui perkiraan! Sebuah keseimbangan sempurna antara humor cheesy dan aksi. James Wan menunjukkan kemampuannya sebagai sutradara dan meletakkan jejaknya di DV dengan cara yang besar. Momoa mempesona dengan sempurna dan membawa Aquaman keluar dari bayang-bayang untuk berdiri bersama karakter hebat seperti #WonderWoman. @aquamanmovie

Selain pujian yang diberikan kepada James Wan dan Jason Momoa, terdapat juga beberapa pendapat yang menyebutkan Aquaman dibuat dengan formula Marvel.

Paul Shirey (Joblo):

Saya akan menerima beberapa kemarahan untuk ini, tetapi #Aquaman adalah film Marvel terbaik yang pernah dibuat DC. Itu tidak berarti bahwa itu persis seperti formula tersebut, tetapi itu terasa seperti film yang tahu tentang apa itu, apa yang dijualnya, dan kepada siapa itu dijual. Tidak ada krisis indentitas di sini. 

Hal senada juga disampaikan oleh Peter Sciretta dari Slash Film:

🔱 #Aquaman lebih baik daripada yang diperkirakan. Terasa seperti film Marvel fase pertama, dalam arti yang baik. Itu berada pada bagian terbaiknya ketika itu bersenang-senang dan tidak membawanya terlalu serius. Black Manta adalah penjahat hebat yang akan dicintai oleh penggemar buku komik. Sebuah film dengan beberapa hal yang benar-benar spektakuler dan aksi yang bagus.

Nicholas Whitcomb (HN Entertainment):

#Aquaman … cukup bagus. Jangan meletakkan ekspektasimu terlalu tinggi, itu adalah benar-benar sebuah film MCU fase pertama, pada level Thor 1. Mera, Black Manta, dan Queen Atlanna adalah yang menonjol. James Wan telah menghasilkan sebuah petualangan yang menyenangkan di dunia DC. The Trench  👌

Terlepas dari beberapa kekurangan, Aquaman tetap merupakan sebuah film yang impresif.

Germain Lussier (io9):

Aquaman adalah perjalanan yang besar, menghibur, dan liar. Itu tanpa tahu malu melodramatis dan berlebihan dengan ukuran perasaan paling ambisius dan besar yang bisa dibayangkan. Beberapa bagian darinya agak buruk namun tidak secara keseluruhan dan, anehnya, masih cocok dengan tone kartun. Film terbaik kedua DCU. YEEEAAHH!

Brandon Davis (Comic Book):

Ada beberapa momen di mana saya merasa #Aquaman mungkin berdurasi terlalu panjang tetapi itu memiliki banyak hal yang harus dibongkar untuk membangun dunianya yang terisolasi.
Besar, epik, unik, dan sekuen aksi yang stylish menyeimbangkan penjelasannya yang berat.
Filmnya belum tayang, namun saya ingin lebih banyak dari Wan, Momoa, dan lainnya. 

Setelah membaca reaksi para kritikus, semakin tidak sabar ya menyaksikan Aquaman? Tayang seminggu lebih awal daripada Amerika, Aquaman akan tayang di bioskop tanah air pada 12 Desember 2018 mendatang!