Keinginan para fans untuk melihat kisah petualangan kosmik dari X-Men: Dark Phoenix sepertinya akan sedikit sulit. Pasalnya, dalam majalah Oktober 2017 dari Total Film, Simon Kinberg, sutradara sekaligus produser dan penulis naskah dari X-Men: Dark Phoenix mengungkapkan bahwa ia ingin film pembuka trilogi baru X-Men tersebut bernuansa lebih membumi.

“Kami harus mencari cara untuk membuatnya membumi sehingga tidak terlalu intergalaksi,” ungkapnya pada Total Film. Selain itu ia juga menyebutkan bagaimana film X-Men dikenal sebagai “manusiawi…” dan emosional.

Dalam komiknya, The Phoenix pada awalnya merupakan sebuah “kekuatan” yang mendiami Jean Grey dan membawanya ke jalan kegelapan, yang menyebabkan kematian dari peradaban alien. Kemudian sebuah kerajaan Alien bernama Shi’ar berperang dengannya dan X-Men, yang menyebabkan pertempuran besar di bulan.

Mengambil latar waktu 10 tahun setelah kejadian X-Men Apocalypse, belum diketahui sejauh mana X-Men: Dark Phoenix akan membumi dan setia pada materi komiknya. Saat ini, X-Men: Dark Phoenix telah memasuki tahap pengerjaan.

Selain itu, para bintang dari film sebelumnya termasuk James McAvoy (Professor X), Michael Fassbender (Magneto), Jennifer Lawrence (Mystique), Nicholas Hoult (Beast), dan karakter favorit yang diperankan Evan Peters (Quicksilver). Selain pemain lama, telah diumumkan dua bintang yang akan turut bergabung dalam proyek ini yaitu Jessica Chastain dan Lamar Johnson.

Jessica Chastain akan memerankan tokoh antagonis dalam film ini yaitu Lilandra, seorang permaisuri dari kerajaan Shi’ar yang akan memimpin ras alien untuk mencari dan memusnahkan the Phoenix Force yang dimiliki Jean Grey (Sophie Turner). Sedangkan untuk karakter yang akan diperankan Lamar Johnson hingga saat ini belum diketahu dan masih menjadi misteri.

X-Men: Dark Phoenix akan menjadi debut penyutradaraan dari Simon Kinberg setelah sebelumnya hanya terlibat sebagai produser dan penulis naskah dari X-Men: Days of Future Past dan X-Men: Apocalypse. Bryan Singer yang sebelumnya mengarahkan dua film tersebut kali ini hanya berperan sebagai produser.

Direncanakan rilis pada 2 November, X-Men: Dark Phoenix akan menjadi film ketiga dan terakhir dari X-Universe di tahun 2018 setelah New Mutants (13 April) dan Deadpool 2 (1 Juni).