James Wan merupakan salah satu sutradara yang terkenal dengan karya-karyanya dalam genre horor. Walaupun demikian, ia juga sukses dengan genre aksi seperti Fast & Furious 7 hingga yang terbaru Aquaman. Baru-baru ini, setelah pemutaran perdananya di Amerika, Aquaman mendapat sambutan yang positif.

Nyatanya, sebelum menggarap Aquaman, James Wan mengungkapkan bahwa ia pernah tertarik menggarap film superhero yaitu Batman. Walaupun demikian, versi Batman yang ingin ia garap bukanlah seperti yang kita kenal selama ini. Kepada Heroic Hollywood, James Wan mengungkapkan keinginannya untuk menggarap Batman versi horor.

“Di masa lalu sama seperti kebanyakan orang saya menyukai ide menyutradarai Batman, tetapi sebuah versi horor dari Batman. Itu akan menjadi fantasi potensial milikku, tetapi saya merasa dia sudah sedikit seperti itu. Tetapi, saya suka ide membuat Batman yang jelas menyeramkan. Saya merasa itu akan benar-benar keren.”

Tentunya, hal ini tidak mengejutkan mengingat jejak karir James Wan yang memang diisi dengan film-film horor. Sutradara berkebangsaan Australia tersebut pertama kali dikenal secara luas lewat karyanya Saw. Setelah Saw, Wan membangun kisah horor lainnya lewat franchise Insidious dan The Conjuring. Baru setelah Fast & Furious 7, secara mengejutkan ia dipilih menggarap film DCEU, Aquaman.

Konsep Batman sebagai figur horor tentunya bukanlah hal yang baru. Pada film Batman yang disutradarai oleh Tim Burton, pahlawan super Gotham tersebut secara jelas dibuat dengan gothic. Dan Batman sendiri juga bukan merupakan karakter superhero yang lemah lembut melainkan kerap melakukan kekerasan yang ketika menghadapi para musuhnya.

Saat ini, proyek film Batman yang sedang berjalan adalah The Batman arahan Matt Reeves. Proyek ini cukup misterius dan diselubungi dengan berbagai rumor. Salah satunya adalah bagaimana kisahnya akan menjadi prekuel sehingga karakter Batman dalam film tersebut tidak lagi diperankan oleh Ben Affleck melainkan aktor yang lebih muda. Di sisi lain, beredar juga rumor bahwa film tersebut tidak akan bergabung dalam DC Extended Universe. 

Akankah nantinya keinginan James Wan untuk mengarahkan Batman versi horor akan terkabul suatu saat? Kita lihat saja nanti!