Setelah dipecat oleh Marvel beberapa bulan lalu, Sutradara Guardians of the Galaxy, James Gunn berpindah haluan ke DC. Dilaporkan oleh Game Spot, Gunn dikabarkan telah resmi bergabung dengan Warner Bros untuk menulis naskah Suicide Squad 2.

“Telah dikonfirmasi bahwa James Gunn akan menulis instalmen selanjutnya dari franchise Suicide Squad,” ungkap Warner Bros pada Game Spot ketika dimintai komentar mengenai keterlibatan James Gunn.

Kabar mengenai pembicaraan antara Gunn dengan pihak Warner Bros. dan DC Entertainment untuk menulis naskah Suicide Squad 2 pertama kali mencuat ketika tiga orang dalam memberikan pernyataan eksklusifnya kepada The Wrap. Tak hanya dilirik untuk menulis naskah, James Gunn juga memiliki kemungkinan untuk menduduki bangku sutradara.

Lebih lanjut, sutradara kelahiran Amerika Serikat tersebut disebutkan akan mengambil sudut yang sepenuhnya berbeda untuk properti DC tersebut. Bergabungnya Gunn dalam proyek ini mau tak mau membuat penantian menjadi lebih panjang untuk menyaksikan Suicide Squad 2.

Pindahnya James Gunn dari Marvel ke DC berawal dari munculnya cuitan-cuitan lama ofensif miliknya dari 10 tahun yang lalu. Menerima kecaman mengenai lelucon tentang pemerkosaan dan pedofil, Gunn pun meminta maaf. Walaupun demikian, kontroversi ini berakhir dengan pemecatan Gunn.

“Pernyataan dan perilaku ofensif yang ditemukan dalam laman Twitter James tidak dapat dibela dan tidak konsisten dengan nilai studio kami, dan kami mengakhiri hubungan bisnis dengannya,” ungkap Alan Horn, pimpinan Walt Disney Studios.

Sejak pemecatan itu terjadi, para bintang Guardians of the Galaxy menandatangani surat untuk mendukung James Gunn. Dan, salah satu yang paling vokal mengenai hal tersebut adalah Dave Bautista. Mulai dari meminta mengembalikan James Gunn ke bangku sutradara untuk film ketiga Guardians of the Galaxy, pemeran Drax tersebut bahkan menolak membintangi proyek tersebut jika bukan menggunakan naskah yang ditulis Gunn.

Dan yang terbaru, bergabungnya James Gunn pada proyek Suicide Squad 2, Dave Bautista menunjukkan ketertarikannya untuk bergabung.

“Di mana saya mendaftar,” komentarnya pada berita keterlibatan James Gunn.

Proyek Suicide Squad 2 telah dikembangkan sejak lama. Sebelumnya, posisi penulis naskah dan sutradara ditempati oleh Gavin O’ Connor. Dengan prioritas WB dan DC merilis Birds of Prey terlebih dahulu,  hingga saat ini tidak ada kejelasan mengenai kapan Suicide Squad 2 akan tayang.