Sejak pekan lalu petualangan Lara Croft dalam Tomb Raider telah meramaikan bioskop tanah air. Sebelum diperankan oleh Alicia Vikander dalam versi terbarunya, karakter Lara Croft pertama kali dibawa ke dalam film adaptasi oleh Angelina Jolie.

Berperan sebagai Lara Croft dalam dua film adaptasi, Angelina Jolie meraih kesuksesannya sebagai bintang film aksi pada masa tersebut. Adapun demikian, pemilihan Angelina Jolie untuk memerankan karakter arkeolog yang khas dengan celana pendeknya tersebut cukup menyulitkan sutradara Lara Croft: Tomb Raider (2001), Simon West.

Belum lama ini, kepada EW, West mengungkapkan alasannya memilih Angelina Jolie.

“Pada masa itu, belum ada pemeran utama perempuan dalam film aksi-petualangan yang dapat membawa film (oleh dirinya sendiri), dan Angelina tidak sebesar aktris lain untuk bagian itu, yang telah berperan dalam film besar dan telah memiliki track record lebih panjang dan keuntungan box office besar. … Beberapa dari (imej) mereka lebih aman dari Angelina, yang mana sangat berbahaya. Dia punya banyak hal yang ditulis tentangnya-yang beberapa jelas tidak benar. Dia adalah perempuan muda yang bereksperimen.”

Nama-nama seperti Catherine Zeta-Jones, Ashley Judd, dan Jennifer Lopez pun sempat dipertimbangkan oleh studio untuk peran Lara Croft. Namun, sejak awal ia terpilih sebagai sutradara Tomb Raider (2001), West tidak melihat orang lain tepat untuk peran tersebut selain Jolie.

“Dia memiliki reputasi besar dan gelap tentangnya. Dia menjalani gaya hidup alternatif dan tidak menahan kata-katanya. Dia mengatakan apa yang dipikirkannya dan memiliki reputasi yang terkenal buruk. Itu cukup sulit bagi saya untuk membawa dia ke proses persetujuan di studio, karena saya ingin aktris bisa membawa sesuatu untuk peran ini, dan dia membawa mitologi Angelina Jolie yang gelap, gila, perempuan jahat dengan kepribadian yang sangat istimewa dan menarik. Saya ingin mitologi Angelina Jolie tersebut menyatu dengan Lara Croft.”

Sebelum memerankan Lara Croft, Angelina Jolie telah berhasil mengukir namanya sebagai aktris di Hollywood berkat perannya di Girl, Interrupted yang mana memenangkan piala Oscar dan Golden Globe untuknya. Namun, setelah perannya di Tomb Raider namanya pun semakin dikenal dan membuatnya membintangi film-film besar seperti Mr & Mrs Smith, Wanted dan Salt. Setelah membintangi dua film yang cukup sukses secara komersil, Jolie pun mengumumkan dirinya tidak akan memerankan karakter Lara Croft lagi.

Walaupun demikian, aksi petualangan Tomb Raider dapat kembali disaksikan dalam versi terbarunya yang diperankan oleh Alicia Vikander. Adapun dalam film reboot ini akan menceritakan asal mula dari karakter Lara Croft.