Setiap ada awal selalu ada akhir. Begitu pun dengan kehidupan di dunia ini. Walaupun tidak diketahui kapan, kiamat pada akhirnya akan terjadi. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab dari dunia kiamat. Perkiraan-perkiraan tersebut pun direfleksikan oleh para pembuat film ke karya mereka.

Banyak hal yang dapat diperoleh dari menonton film tentang kiamat. Selain menjadi kesenangan tersendiri untuk para pecinta adrenalin, film tentang kiamat memberikan pandangan mengenai hal-hal apa saja yang dapat dilakukan baik untuk mencegah, menyelamatkan diri, hingga mempersiapkan diri menghadapi akhir dunia.

Dari seram hingga menghibur, ini dia 10 film kiamat terbaik yang harus kamu saksikan!

Loading...

1. Miracle Mile (1988)

Setiap film kiamat yang dibuat, sedikit banyak merefleksikan apa yang paling ditakutkan oleh manusia menjadi penyebab dunia berakhir. Ketakutan akan perang nuklir pada tahun 80-an pun dituangkan lewat film Miracle Mile. Mengambil latar tempat sesuai dengan judulnya, film yang disutradarai oleh Steve De Jarnatt ini mengikuti kisah seorang pria yang mendengar lewat telepon bahwa perang nuklir telah dimulai dan misil tersebut akan jatuh di kotanya dalam 70 menit. Menampilkan kepanikan yang terjadi dengan realistis, Miracle Mile juga menghadirkan adegan menegangkan yang membuat penonton enggan bergeming dari kursinya.

2. The Day After Tomorrow (2004)

Penyebab kiamatnya Bumi yang paling nyata saat ini adalah pemanasan global. Dampaknya yang terus menerus terlihat dari waktu ke waktu ini merupakan bom waktu. Hal ini pun coba diangkat oleh Roland Emmerich lewat The Day After Tomorrow yang mana menceritakan cuaca ekstrim yang mengganggu sirkulasi Laut Atlantik Utara menyebabkan dunia membeku. Walaupun dianggap tidak cukup masuk akal, The Day After Tomorrow masih menjadi salah satu film kiamat terbaik dan sukses dari segi pendapatan box office berkat efek visualnya yang spektakuler.

3. War of the Worlds (2005)

Penyebab dunia kiamat tidak hanya datang dari dalam namun juga faktor eksternal seperti serangan alien yang terjadi di War of the Worlds. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya H.G. Wells, film ini mengikuti kisah seorang ayah yang berusaha melindungi anak-anaknya yang terpisah dari ibunya ketika mahluk luar angkasa datang ke Bumi dan menyerang dengan mesin perang raksasa. Menggabungkan kombo sutradara bertangan dingin, Steven Spielberg dengan aktor aksi yang totalitas, Tom Cruise, film ini tidak hanya hadir dengan penyutradaraan, naskah, dan efek visual yang memanjakan mata namun juga adegan aksi yang keren.

4. Sunshine (2007)

Salah satu penyebab kiamat yang paling dikhawatirkan adalah ketika matahari berhenti berfungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebutlah yang menjadi premis dalam film Sunshine. Sekelompok astronot harus melakukan misi berbahaya dengan membawa bom nuklir di Matahari dengan harapan dapat membuat sang surya yang hampir padam kembali bersinar. Tidak hanya menghadirkan momen-momen menegangkan lewat adegan para astronot berupaya menyelamatkan Bumi dari membeku, Sunshine juga mengeksplorasi banyak hal dalam kisahnya termasuk agama.

5. Knowing (2009)

Siapa sangka sebuah kapsul waktu seorang murid sekolah yang dibuka 50 tahun kemudian ternyata menyimpan kode yang berisi pesan tentang akhir dunia. John (Nicholas Cage) yang menerima kertas dari kapsul waktu tersebut dari sang anak menemukan kode-kode tersebut ternyata berhubungan dengan sederet insiden besar yang terjadi di dunia. Ketika menyadari adanya pesan tentang akhir dunia, ia pun mencoba mencegah kiamatnya dunia. Memiliki premis dan ide yang menarik, Knowing menghadirkan kisah serius yang menegangkan dan membuat gelisah dengan akhir kisah yang mencengangkan.

6. Melancholia (2011)

Melancholia menjadi salah satu film kiamat yang lain daripada yang lain. Pasalnya, film ini fokus pada psikologi dari dua kakak beradik; Claire (Charlotte Gainsbourg) dan Justine (Kirsten Dunst) pengantin baru yang depresif ketika mengetahui dunia segera kiamat ketika sebuah planet semakin mendekati dan siap menabrak Bumi. Menjadi salah satu film terbaik yang dirilis pada tahun 2011, Melancholia menuai pujian karena kisahnya yang indah namun menghantui dan tak terlupakan terutama berkat penampilan luar biasa dari Dunst sebagai Justine.

7. Take Shelter (2011)

Apa yang lebih seram dari dunia kiamat? Ketika kiamat sudah dekat, namun hanya kamu sendiri yang tahu dan tidak ada orang lain yang mempercayaimu. Itulah yang terjadi pada Curtis LaForche (Michael Shannon), seorang pria yang dihantui oleh mimpi dan penglihatan mengenai fenomena alam yang akan membawa kiamat. Membuat tempat berlindung, ia pun mulai menghadapi perpecahan dengan orang-orang sekitarnya. Berhasil menggabungkan elemen drama dan thriller yang seimbang, Take Shelter menghadirkan sederet momen menegangkan terutama pada akhir kisahnya yang dijamin memancing sederet teori mengenai apa yang terjadi.

8. Seeking a Friend For the End of the World (2012)

Ketika kiamat dunia sudah tidak dapat dihindari, kebanyakan orang akan memutuskan menghabiskan waktu terakhir di sisa hidup mereka dengan orang-orang yang dicintai. Begitu pula yang ingin dilakukan oleh Dodge (Steve Carell). Sayangnya, ketika kabar mengenai usia Bumi tinggal tiga minggu karena akan hancur ditabrak asteroid, ia mendapati dirinya ditinggal seorang diri oleh sang istri yang melarikan diri. Tidak putus asa, pada akhirnya ia memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan mantan pacarnya semasa sekolah dulu. Seeking a Friend for the End of the World menjadi sebuah tontonan yang langka ditemui dari film tentang kiamat. Kisahnya yang manis, menghibur, dan penuh makna ini semakin lengkap dengan akting pemainnya yang apik.

9. This is the End (2013)

Tidak melulu serius, ada juga film kiamat yang sangat menghibur yaitu This is the End. Merupakan debut penyutradaraan dari Seth Rogen dan Evan Goldberg, film ini mengikuti kisah enam orang selebriti yang terjebak di rumah James Franco setelah sebuah kejadian tidak terduga menghancurkan kota tempat mereka tinggal. Tidak hanya harus menghadapi kiamat, mereka juga harus menghadapi ancaman di antara mereka sendiri. Memerankan diri mereka masing-masing dalam versi yang dilebih-lebihkan, tingkah aktor utama maupun cameo dalam menghadapi kiamat di film ini dijamin bakal membuat tertawa terbahak-bahak.

10. The Wandering Earth (2019)

Tidak cuma Hollywood yang bisa menghadirkan film kiamat yang spektakuler. Tahun lalu, Tiongkok merilis film tentang kiamat terbaik yang menuai kesuksesan besar yaitu The Wandering Earth. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Liu Ci-Xin, film sci-fi ini mengambil latar jauh di masa depan di mana para astronot bekerja keras menuntun Bumi menjauhi matahari yang membesar sambil menghindari tabrakan dengan Jupiter. Film yang diarahkan oleh Frant Gwo ini tidak hanya menghadirkan sederet visual yang memanjakan mata, namun juga memiliki kisah yang emosional. Tak heran, film ini memantapkan posisinya sebagai film nasional dengan pendapatan box office tertinggi sepanjang masa di negaranya.

Loading...