Loading...

Aquaman berhasil menjadi film pendapatan tertinggi seluruh dunia dari DC Extended Universe. Tak hanya itu, reaksi pertama dari kritikus maupun penonton membuktikan film tersebut dicintai. Sayangnya, kesuksesan tersebut tidak berbanding lurus dengan keikutsertaannya pada ajang Academy Awards 2019. Dari 40 film yang memenuhi syarat untuk nominasi Efek Visual Terbaik, film yang dibintangi Jason Momoa tersebut tidak lolos ke 10 besar.

Ketika mengetahui Aquaman tidak masuk daftar pendek untuk kategori tersebut, James Wan langsung mengungkapkan kemarahan dan kekecewaannya dengan membalas komentar Facebook, Kelvin McIlwain.

“Kelvin, kamu dan departemenmu adalah pahlawan tanpa tanda jasa untuk film ini. Fakta bahwa rekan VFX di Academy tidak mengenali atau menghargai apa yang telah kita/kalian semua kontribusikan untuk film dan bioskop adalah sebuah penghinaan,” tulisnya.

Sependapat dengan Wan, McIlwain pun membalas komentar tersebut dengan:

“Aku setuju denganmu James. Itu adalah sebuah kejutan untuk semua orang bahwa kita tidak masuk dalam 10 film yang akan ikut serta dalam kompetisi Academy. Proses seleksi ini menurutku sangat memiliki kekurangan dan terlalu mudah untuk dipengaruhi.”

aquaman oscar james wan murka

Untuk pengerjaan Aquaman, James Wan mengaku lebih dari 2000 pengambilan gambar menggunakan efek visual. Tak hanya itu, sebelumnya dalam wawancara dengan Business Insider, ia juga sempat mengungkapkan pentingnya peranan efek visual untuk adegan air dalam film DC tersebut.

“Itu adalah bagian besar untuk film yang harus kami kerjakan dengan benar. Jika kami tidak mengerjakan adegan bawah laut terlihat tepat, maka kami hampir tidak memiliki film sama sekali,” ungkapnya.

Adapun 10 film yang sukses menembus daftar pendek kategori Efek Visual Terbaik adalah: Ant-Man and the Wasp, Avengers: Infinity WarBlack Panther, Christopher RobinFirst ManJurassic World: Fallen KingdomMary Poppins ReturnsReady Player OneSolo: A Star Wars Story, dan Welcome to Marwen.

Pengumuman daftar lengkap nominasi Oscar 2019 akan dilaksanakan pada 22 Januari 2019 mendatang.

Loading...