Setelah sekian lama, akhirnya sosok yang akan memerankan Ahok dalam film A Man Called Ahok terungkap! Kabar tersebut pun langsung diungkapkan oleh sang pemeran, Daniel Mananta lewat akun instagramnya.

“Rahasia akhirnya terungkap! Film ini lebih dari hanya tentang Ahok. Film ini tentang nilai untuk menciptakan generasi yang penuh dengan pemuda pemudi seperti Ahok. #FilmAhok #AManCalledAhok.”

Sebelumnya, kabar mengenai proyek ini telah beredar sejak akhir April 2017 lalu, hal itu pertama kali diumumkan oleh Rudi Valinka, penulis buku A Man Called Ahok yang menjadi sumber adaptasi untuk film ini. Mengikuti kisah Ahok dari kecil hingga terjun ke dunia politik, cikal bakal buku ini berawal dari kasus penistaan agama yang dituduhkan pada Basuki Tjahaja Purnama.

Berangkat dari keingintahuannya, Rudi Valinka pun terbang ke Belitung untuk mewawancarai kerabat, keluarga, guru, teman hingga kompetitor dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut saat pemilihan Bupati Belitung. Informasi yang ia peroleh pun dibuat Rudi dalam bentuk 400 kultwit yang dibagi menjadi tiga pembahasan yaitu, profil Ahok, klarifikasi penistaan agama dan idealisme Ahok mengenai korupsi.

Adapun selain Daniel Mananta yang diketahui akan berperan sebagai Ahok, detail mengenai para pemain dan teaser pertama baru akan dibagikan esok hari, Kamis (6/9) setelah acara konferensi pers.

Walaupun masih berada di balik jeruji, Ahok juga menyempatkan diri menyampaikan harapannya mengenai film A Man Called Ahok lewat cuitan yang dibagikan oleh timnya.

“Saya ucapkan sukses, sukacita dan doa saya yang terbaik agar film yang release di tahun 2018 ini dapat ditonton oleh seluruh masyarakat”.

Direncanakan tayang tahun ini, A Man Called Ahok disutradarai oleh Putrama Tuta. Sebelumnya Putrama Tuta pernah menyutradarai dua film yaitu Catatan (Harian) Si Boy (2011) dan NOAH: Awal Semula.