Seminggu lagi, film adaptasi dari novel Stephen King It‘ dirilis di bioskop. Namun, dua minggu belakangan ini box office trackers telah membuat prediksi mengenai angka yang akan diperoleh film yang disutradarai oleh Andi Muschietti ini pada minggu pembukaaanya.┬áDilansir dari The Wrap, pekan lalu It diprediksi akan meraih $ 50 juta pada pekan pembukanya. Sedangkan pada pekan ini, angka tersebut meningkat menjadi $ 60 juta.

Faktor yang diduga menjadi penyebab meningkatnya angka tersebut adalah mengingat respon positif di media sosial saat screening di Amerika Serikat. Tak hanya itu, momen nostalgia bisa juga menjadi faktor yang menguatkan, seperti yang terjadi pada kasus Beauty and the Beast. Terlebih lagi, saat ini hype untuk film It tidak biasa dan cukup besar seperti yang terjadi pada film-film superhero.

Jika nantinya It bisa mencapai angka yang diprediksi atau bahkan melebihinya, hal tersebut akan menjadikannya sebagai film horor dengan pendapatan terbesar di minggu pembukanya. Tak hanya itu, It juga akan dinobatkan film dengan angka pembuka terbanyak di bulan September.

Sebelumnya, rekor minggu pembuka film horor dipegang oleh Hannibal dengan perolehan $58 juta pada tahun 2001 silam. Posisi kedua diikuti oleh Paranormal Activity 3 dengan pendapatan $ 52,5 juta tahun 2011. Sedangkan untuk rekor bulan September dimiliki oleh Hotel Transylvania 2 dengan $ 48,4 juta pada 2015.

Dan lagi, yang membuat film It lebih impresif lagi jika angka tersebut tercapai adalah rekor baru yang dicetak oleh film horor dengan rating R. Selain dua film horor yang telah disebutkan diatas, film horor sulit mendapat tempat dalam 25 besar film R-Rated dengan pekan pembukaan terbesar. Bahkan film laris seperti The Conjuring saja harus puas berada di posisi 33 dengan perolehan $ 41,8 juta pada pembukanya.

Nah, apakah nantinya It akan mampu memperoleh pundi-pundi di minggu pembukaannya seperti yang telah diprediksikan? Melewati? Atau malah sama sekali tidak mendekati angka yang diharapkan? Ya, kita lihat saja nanti!

It akan tayang di bioskop Indonesia pada 6 September 2017.