Setelah Wiro Sableng, serial legendaris Si Buta dari Gua Hantu segera diadaptasi ke layar lebar! Diproduksi oleh Screenplay Films dan Bumilangit Studios, cerita silat ini akan disutradarai oleh Timo Tjahjanto. Selain mengarahkan, sutradara Sebelum Iblis Menjemput ini juga menempati posisi penulis naskah.

Adapun, lewat akun instagram pribadinya, Timo Tjahjanto pun mengumumkan kisah Si Buta dari Gua Hantu direncanakan akan hadir di bioskop pada 2020 mendatang.

Pertama kali terbit pada 1967, Si Buta dari Gua Hantu adalah serial cerita silat yang mengikuti kisah Barda Mandrawata, seorang pendekar silat yang kehilangan indera penglihatannya karena mencoba balas dendam kepada pendekar kejam misterius namun buta, Si Mata Malaikat. Terpuruk karena kehilangan ayah, tunangan, teman-teman seperguruannya, hingga penglihatannya, Barda tanpa sengaja menemukan gua angker tersembunyi yang malah membantunya mempelajari ilmu ajian langka.

Menjadi serial yang mempopulerkan cerita silat Nusantara, serial karya Ganes TH ini dikenal oleh pembaca berbagai pulau Indonesia karena kisahnya yang berlatar di berbagai wilayah Nusantara mulai dari Banten hingga Sulawesi. Sangat populer, Si Buta dari Gua Hantu memiliki 21 judul buku dan telah diadaptasi menjadi 7 film layar lebar serta 3 serial TV.

Dalam film layar terbarunya nanti, Timo Tjahjanto mengungkapkan bahwa kisah Si Buta dari Gua Hantu akan mengambil pendekatan yang modern dan berfokus pada dua karakter utamanya yaitu Barda dan Si Mata Malaikat.

“Nantinya film ini akan menjadi menjadi character origin of Barda. Begitu juga dengan Mata Malaikat, seorang villain yang kharismatik dan dia adalah pendekar legendaris. Kita membuat dua origin stories meskipun fokus pada karakter Barda.”

Lebih lanjut, ia juga akan mengungkapkan bahwa walaupun merupakan film fantasi, namun logika tetap digali dalam pengerjaan kisahnya.

“Kita akan menceritakan unsur penting dan menyentuh dimana Barda masih punya rasa kemanusiaan, ia bersahabat dengan Kliwon, monyetnya. Lalu Tongkat Barda yang terbuat dari batu granit bisa menjadi sangat kuat, lalu mengapa sampai Barda memakai baju ular. Meskipun ini film fantasi, tapi akan ada logika-logika yang kita gali.”

Masih dalam proses seleksi, belum diketahui siapa aktor dan aktris yang akan terlibat. Walaupun demikian, tampaknya dua tokohnya, Barda dan Kliwon telah menemukan siapa pemerannya. Lewat akun instagramnya, Timo menggoda penggemar dengan membagikan foto Joe Taslim dan Tanta Ginting serta meminta persetujuan dari para pengikutnya.

Si Buta dari Gua Hantu direncanakan melakukan proses pengambilan gambar pada Maret 2019 mendatang.