Diadaptasi dari tulisan karya Beatrix Potter, film Peter Rabbit diproduksi dengan sasaran utama para penonton anak-anak. Tapi tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa pun bisa ikut tertawa melihat berbagai tingkah laku hewan yang menggemaskan di dalam film yang diputar di bioskop Indonesia mulai tanggal 23 Februari 2018 ini.

Berpusat pada kehidupan seekor kelinci pemberani, Peter (James Corden) yang selalu berusaha mengambil buah dan sayuran di halaman rumah seorang tua pemarah, McGregor (Sam Neill). Bersama sepupunya Benjamin (Colin Moody) adik-adik Peter yang bernama Mopsy (Elizabeth Debicki), Flopsy (Margot Robbie) dan Cotton-Tail (Daisy Ridley), Peter mengerjai McGregor sampai pada suatu saat McGregor terkena serangan jantung.

PR2 PR8

Kedatangan keponakan McGregor yang perfeksionis dari kota, Thomas (Domhnall Gleeson) ganti mengancam kegembiraan Peter dan kawan-kawan yang telah menguasai rumah dan kebun McGregor. Bibit-bibit permusuhan antara Thomas dan Peter pun muncul. Namun adanya Bea (Rose Byrne) penyayang keluarga kelinci Peter yang tinggal di dekat rumah McGregor menjadi penengah keduanya. Tapi bukannya mereda, permusuhan Thomas dan Peter pun makin meruncing demi merebut perhatian Bea.

Disutradarai oleh Will Gluck yang pernah sukses dalam menggarap film Easy A namun gagal menjadikan film Friends with Benefits dan Annie (2014) sebagai film yang cemerlang, membuat Peter Rabbit sedikit diragukan dari sisi kualitas. Namun dengan dibantu Rob Lieber dalam menulis skenario, Gluck mampu menampilkan film yang tepat sasaran dari sisi komedi yang memadukan slapstick dan tingkah laku lucu para hewan. Sisi sinematografi juga menjadi keunggulan. Peter Menzies Jr., selaku sinematografer mampu menangkap pemandangan desa kecil di Inggris terlihat menenangkan dan damai, walaupun di dalamnya terdapat “perang” antara kelinci dan manusia.

PR9 PR10

Jajaran pengisi suara cukup baik sesuai porsinya, sama sekali tidak ada yang menonjol. Agaknya menjadi sebuah pemborosan dengan menggunakan bintang-bintang besar seperti Daisy Ridley, Margot Robbie dan James Corden, namun mungkin menarik dari sisi marketing. Sementara untuk para pemeran manusia, Domhnall Gleeson dan Rose Byrne tampak menggemaskan sebagai pasangan, kendati beberapa kali terlihat canggung dalam menampilkan adegan romantis.

Final Verdict

Peter Rabbit adalah sebuah film dengan kisah yang sederhana, namun dengan animasi berkualitas tinggi yang berfokus di binatang dengan tingkah laku menggemaskan, adegan aksi seru berpadu dengan komedi slapstick, serta sedikit bumbu drama yang menyentuh soal saling berbagi. Anak-anak akan sangat dimanjakan dan senang saat menonton film ini. Sebuah film yang seru, lucu, menghibur dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Review Film Peter Rabbit - Petualangan Seru Kelinci Lucu Nan Menggemaskan
8Overall Score
Reader Rating 3 Votes
6.7