Review Film The Possession of Hannah Grace (2018) – Teror Di Dalam Ruangan Kamar Mayat
7Overall Score
Reader Rating 7 Votes
7.0

Bagaimana rasanya bekerja di ruang penyimpanan mayat bawah tanah untuk pertama kalinya dalam hidup anda, pada malam hari dan ditinggal sendirian. Ya itulah nasib dan takdir dari Megan Reed (Shay Mitchell) seorang mantan polisi yang baru saja menjalani program rehabilitasi karena mengalami depresi akibat kematian rekan kerjanya ketika mereka bertugas. Apakah menurut anda nasib Megan sudah begitu buruk? Belum cukup pastinya, horor dan kejadian mistis dimulai ketika Megan kedatangan mayat wanita dengan nama Hannah Grace (Kirby Johnson) dalam seketika suasana ruang mayat serta sekitarnya menjadi seram dan menakutkan. Misteri apa yang tersembunyi pada mayat tersebut? Lalu kenapa Megan yang menjadi sasaran gangguan mistis?

The Possession of Hannah Grace disutradarai oleh Diederik van Rooijen yang selama ini bergelut di film dan serial TV Belanda dengan genre chrime-thrillers, bisa dibilang ini adalah debut sang sutradara untuk genre film horor. Sedangkan naskah film ini ditulis oleh Brian Sieve (Scream: The TV Series, Boogeyman 2). Ide yang dituangkan Brian pada film ini sebenarnya cukup sederhana yaitu bagaimana rasanya sendiri dan terjebak di dalam kamar mayat pada malam hari, dalam hal desain produksi film ini bisa cukup baik dalam menetapkan set lokasi syutingnya di Boston City Hall dengan nuansa yang mendukung atmosfir filmnya sendiri serta ruang kamar mayat yang dibangun terpisah di New England Studio juga bisa dibilang cukup creepy.

Jika melihat tema film ini, mungkin pembaca akan ingat atau menyamakan dengan film tahun 2016 dengan judul The Autopsy of Jane Doe, namun penulis bisa memastikan dua film ini akan cara berbeda dalam meneror penonton. Jane Doe lebih berfokus dalam bagaimana mempermainkan pikiran si korbannya sedangkan Hannah Grace lebih ke gangguan fisik kepada para korbannya. Untuk adegan menakutkan atau tren saat ini disebut “jump scare” beberapa adegan cukup efektif membuat kaget. Jadi kalian sebagai penikmat film horor sudah tentu jangan melewatkan film ini.

Dengan durasi 85 menit The Possession of Hannah Grace sudah cukup pas untuk sebuah film horror, walaupun masih ada kekurangan dari segi naskah serta beberapa CGI yang terlihat kurang baik. Untuk ukuran debut sutradara film horror, serta akting  Shay Mitchel yang cukup baik, Hannah Grace masih bisa dinikmati dan seru untuk ditonton.

The Possession of Hannah Grace tayang 30 November 2018 di seluruh Bioskop Indonesia.