“Anger begets another anger”

Begitu kira-kira satu kalimat yang menggambarkan tentang bagaimana keseluruhan film yang disutradarai oleh Martin McDonagh (In Bruges, Seven Psychopaths) ini. Mildred adalah sosok yang keras, jutek, berani dan penuh dengan dendam. Dia bersitegang dengan polisi, pendeta, dokter gigi yang tidak sependapat dengan nya. Mildred menaruh kebencian terhadap mantan suaminya, James (Peter Dinklage) yang sekarang berpacaran dengam gadis cantik yang kurang lebih setengah dari umurnya, Penelope (Samara Weaving). Kemarahan semakin menjadi-jadi saat papan billboard-nya dibakar oleh orang tidak dikenal. Frances McDormand memberikan penampilan kualitas Oscar atas perannya ini.

1 2

Sosok Sheriff Bill Willoughby (Woody Harrelson) yang dicintai oleh masyarakat tidak setuju dengan papan billboard itu, dia mengkonfrontir dan bersimpati kepada Mildred. Willoughby yang juga mengidap kanker juga merupakan sosok yang sangat mencintai keluarganya. Woody Harrelson memberikan penampilan terbaiknya, apalagi saat salah satu adegan di dalam peternakan, di tepi danau dan saat voice over suaranya membacakan tulisan dari surat uang dia tulis.

3 4

Sam Rockwell juga turut berakting luar biasa, karakternya Officer Dixon yang rasis, penuh kekerasan dan broken home menjadi karakter yang dibenci oleh penonton. Suatu turning point cerita membuat dia melakukan redemption atas apa yang dia pernah lalukan atas dasar amarah.

Mildred dan Dixon menjadi contoh character study bagaimana suatu amarah menghasilkan amarah baru dan hanya menambah luka di hati. Beberapa kejadian dalam hidup mereka yang membuat mereka sadar akan hal itu.

5 6

Sebagian penonton kurang menyukai ending-nya karena ambigu dan merupakan open ending. Jika ditelaah lebih dalam, sebenarnya sudah memuaskan karena menandakan perubahan suatu karakter memang membutuhkan proses secara perlahan-lahan, tidak bisa langsung berputar 180 derajat.

Final Verdict:

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri menjadi sebuah film yang sangat powerful, menggugah perasaan, sangat lucu dengan black comedy-nya, bermakna sangat mendalam tentang amarah dan dengan penampilan spektakuler dari para pemainnya.

Mendapatkan 7 nominasi Oscar 2018, minimal Three Billboards Outside Ebbing, Missouri akan mendapatkan Naskah Adaptasi Terbaik, Aktris Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik di ajang penghargaan Oscar 2018 nantinya.

Nominasi Oscar 2018 untuk Three Billboards Outside Ebbing, Missouri:

  • Best Motion Picture of the Year – Graham Broadbent, Peter Czernin, Martin McDonagh
  • Best Performance by an Actress in a Leading Role – Frances McDormand
  • Best Performance by an Actor in a Supporting Role – Sam Rockwell
  • Best Performance by an Actor in a Supporting Role – Woody Harrelson
  • Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Original Score) – Carter Burwell
  • Best Original Screenplay – Martin McDonagh
  • Best Achievement in Film Editing – Jon Gregory
Film dengan Naskah Terbaik Tahun 2018
10Overall Score
Reader Rating 2 Votes
8.3