30 Maret menjadi sebuah tanggal yang spesial untuk industri perfilman tanah air. Pasalnya, pada tanggal tersebut, kita memperingati Hari Film Nasional. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai peringatan karena merupakan hari pertama pengambilan gambar film Darah dan Doa yaitu pada 30 Maret 1950.

Menyambut Hari Film Nasional 2020, sejumlah sineas tanah air pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada penonton sekaligus harapan untuk perfilman Indonesia ke depannya.

1. Joko Anwar

Loading...

Lewat akun twitternya, sutradara Gundala ini mengucapkan rasa terima kasih baik kepada para pekerja film maupun para penonton film Indonesia.

2. Mira Lesmana

Produser sekaligus pendiri dari Miles Films, Mira Lesmana membagikan video salah satu adegan Petualangan Sherina. Melengkapi video tersebut, sang produser juga berdoa wabah COVID-19 akan segera berakhir dan mengajak para warganet untuk terus menjalankan tindakan #DiRumahAja dan #JagaJarak.

3. Riri Riza

Tidak jauh berbeda dengan rekannya, Riri Riza juga menyelipkan pesan untuk menjaga diri di tengah pandemi COVID-19. Tak hanya itu, sutradara AADC? ini turut menjelaskan asal mula peringatan Hari Film Nasional sekaligus menceritakan bagaimana situasi saat ini menyebabkan produksi dua film Miles terpaksa harus ditunda sementara.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

30 Maret 1950 adalah hari pertama shooting film Darah dan Doa karya sineas Usmar Ismail yang menjadi penanda Hari Film Nasional. Saat itu situasi sulit karena revolusi baru saja usai, Indonesia baru kembali membangun. . Saat ini, kita semua, termasuk industri perfilman, kembali menghadapi masa sulit. Kami di Miles Films telah menunda dua produksi film kami sejak adanya himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah karena wabah Covid 19. Tentunya saat ini bersama-sama kita harus menghindari kerumunan dan menjaga jarak fisik. . Namun, persiapan produksi tidak kami hentikan. Dengan memanfaatkan berbagai pencapaian teknologi, kami dapat terus melanjutkan persiapan produksi secara _online_ supaya saat krisis ini berlalu, kami bisa langsung kembali bekerja dan berkarya untuk perfilman Indonesia. . Mari kita jaga kesehatan & kebersihan, tetap semangat, dan tetap produktif walaupun #Jaga Jarak dan #DiRumahAja demi keselamatan bangsa. . Selamat Hari Film Nasional. Semoga kita segera bertemu lagi di bioskop! 🌿🌿🙏🙏😍😍.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Riri Riza (@rizariri) pada

4. Garin Nugroho

Sutradara kawakan sekaligus pemenang FFI 2019 kemarin, Garin Nugroho memberikan ucapan selamat Hari Film Nasional lewat kalimat yang puitis.

5. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa tidak hanya mengucapkan terima kasih kepada para penonton Indonesia, namun juga memberi tahu film lokal kesukaannya sembari menanyakan favorit para pengikutnya di instagram.

6. Gina S. Noer

Sutradara salah satu film terpopuler tahun lalu, Gina S. Noer membagikan foto di balik pembuatan film Dua Garis Biru. Selain mendoakan agar situasi ini cepat selesai, sang sutradara juga mengungkapkan kerinduannya menjalani proses syuting.

7. Hanung Bramantyo

Cukup berbeda dari sineas yang lain, Hanung Bramantyo menceritakan salah satu pengalaman pertamanya mempelajari cara membuat film.

8. Fajar Nugros

Dalam cuitan ucapan selamat Hari Film Nasional 2020, Fajar Nugros membagikan harapannya untuk perlindungan pekerja di industri perfilman.

“Standar dan perlindungan para pekerja film sangat penting. Pemerintah dan pihak terkait mesti menyusun aturan keselamatan kerja, jam kerja, perlindungan asuransi, dan lain-lain.”

9. Sheila Timothy

Produser Wiro Sableng, Sheila Timothy menuliskan keyakinannya bahwa industri film tanah air akan mampu bangkit kembali dan lebih kuat setelah semua badai ini berlalu.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Selamat Hari Film Nasional! After all this is over we will comeback stronger than ever. @lifelikepictures #harifilmnasional #harifilmnasional2020 #dirumahaja

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sheila Timothy (@lalatimothy) pada

10. Timo Tjahjanto 

Tak mau ketinggalan, sutradara The Night Comes For Us, Timo Tjahjanto turut mengungkapkan harapannya di Hari Film Nasional ini.

“Semoga candu kegilaan ini tidak pernah merasa insyaf untuk kembali waras.”

Loading...