Tontonan komedi romantis remaja di masa sekarang ini bisa dibilang merupakan hal yang cukup langka. Terlebih lagi yang dapat mencuri hati para penontonnya. Namun, kehadiran To All The Boys I’ve Loved Before pada tahun 2018 silam membawa angin segar kepada penggemar film. Sang tokoh utama, Lara Jean dikisahkan memiliki imajinasi dalam percintaan memiliki kebiasaan unik yaitu menulis surat cinta kepada orang yang disukainya namun tidak mengirimnya. Kehidupan cinta Lara Jean pun berubah 180 derajat ketika adik perempuannya dengan sengaja mengirim kelima surat tersebut kepada penerimanya.

Hadir dengan premis sebegitu menarik dan dieksekusi dengan baik, To All The Boys I’ve Loved Before langsung saja menjadi sebuah sensasi dan menuai kesuksesan. Saking berhasilnya, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Jenny Han ini disebut-sebut sebagai salah satu komedi romantis terbaik di abad 21 ini.

Kesuksesan besar film pertamanya ini pun membuat sekuel film ini tidak butuh waktu lama untuk memperoleh lampu hijau. Di tahun 2020 ini, To All The Boys: P.S. I Still Love You hadir kembali di Netflix tepat di bulan kasih sayang, Februari kemarin.

Loading...

Sinopsis:

Setelah menjalani hubungan pura-pura sebagai kekasih di film sebelumnya, Lara Jean (Lana Condor) dan Peter Kavinsky (Noah Centineo) yang menyadari perasaan sesungguhnya pun akhirnya menjalin kasih. Sayangnya hari-hari bahagia mereka tidak berlangsung lama, LJ yang baru pertama kali pacaran mulai merasa tidak percaya diri. Setiap Peter membawanya ke suatu tempat atau melakukan sesuatu untuknya, LJ teringat bahwa hal tersebut juga pernah dilakukan kekasihnya dengan Gen (Emilija Baranac) – mantan kekasih sekaligus mantan sahabat LJ yang berubah menjadi rival.

Hubungan percintaan LJ pun semakin rumit dengan kehadiran John Ambrose (Jordan Fisher), tetangga masa kecilnya yang juga ia tulisi surat cinta. Selain membalas surat tersebut, ternyata John juga mengikuti program sukarela yang sama dengan LJ. Pertemuan kembali keduanya pun membuat LJ menjadi bimbang dengan perasaannya sendiri.

Review:

Kehadiran To All The Boys: P.S. I Still Love You tentu begitu dinanti oleh para penggemarnya. Masih sama seperti seri pendahulunya, adegan-adegan romantis dengan dialog yang membuat penonton tersenyum masih menjadi amunisi utama dari seri ini. Beberapa pemandangan yang menjadi latar belakang pun diambil dengan sedemikian rupa sehingga terlihat begitu cantik dan menambah kesan romantis.

Karakter Lara Jean yang diperankan oleh Lana Condor di seri ini pun mengalami pertumbuhan karakter. Sebelumnya, ia hanyalah seorang gadis yang hidup dalam imajinasinya sebelum pada akhirnya menemukan tambatan hati di akhir film. Dalam film ini, karakternya diperlihatkan menyadari bahwa berpacaran dengan seorang laki-laki yang disukai tidak serta merta membuat kisah hidupnya menjadi happily ever after. Memacari laki-laki populer di sekolah membuatnya kehilangan kepercayaan diri dan was was apakah dirinya sudah cukup untuk Peter.

Kemunculan John Ambrose di tengah situasi ini pun menjadi salah satu konflik yang disorot. John hadir dengan kepribadian yang bertolak belakang dengan Peter. Kelebihan-kelebihan yang ditunjukkan John dalam film ini tidak hanya membuat LJ bimbang di dalam filmnya, namun juga para penonton yang kapalnya akan mulai bergoyang dan terbagi menjadi kubu #TeamPeter atau #TeamJohn. Terlebih lagi mengingat porsi untuk momen Peter dan LJ dikurangi dengan kehadiran John.

Deretan konflik dalam To All the Boys: P.S. I Still Love You tidak semenawan apa yang dihadirkan pada film pertamanya. Karakter Lara Jean yang mengalami pertumbuhan karakter ini bisa juga menjadi bumerang untuk para penggemarnya. Pasalnya, karakternya yang penuh warna di film pertamanya akan tertutupi oleh dilema berat yang dialaminya. Walaupun demikian, performa Lana Condor di film ini masih mampu membuat penonton tergerak dalam kisahnya.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan dari film ini adalah deretan lagu manis yang mengalun di sepanjang filmnya. Pilihan lagu yang beragam mulai dari klasik Then He Kissed Me – The Crystal, hits akhir abad 21 seperti I Want it That Way -Backstreet Boys hingga lagu KPOP populer “Kill This Love – Blackpink” ini memaksimalkan emosi yang ingin disampaikan pada setiap adegannya.

Kesimpulan Akhir:

Terlepas dari kisahnya yang mungkin tidak berhasil menyamai kualitas film pendahulunya, P.S. I Still Love You masih menjadi sebuah tontonan komedi romantis yang menghibur dan manis lewat pengambilan gambarnya yang cantik, soundtrack yang membuat jatuh cinta dan penampilan apik Lana Condor. Tentunya, film ini pantang dilewatkan oleh penggemar komedi romantis remaja dan tentunya penyuka seri pertamanya.

Note: Scroll/gulir ke bawah untuk melihat rating penilaian film

Loading...

Review To All the Boys: P.S. I Still Love You (2020) - Konflik Kisah Cinta Lara Jean dan Peter Kravinsky
7Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0