Lepas dari film Extreme Jobs yang meraih kesuksesan besar menjadi film terlaris Korea Selatan kedua sepanjang masa dengan pemasukan mencapai 81,6 juta dollar membuat studio tersebut bergerak cepat memproduksi film komedi yang diadaptasi dari serial webcomic berjudul Haechijiana karya Hun yang terbit di Daum Webtoon Company tahun 2011 lalu.

Film berjudul Secret Zoo ini dibintangi oleh Ahn Jae-hong, Kang So-ra, Park Young-kyu, Kim Seong-oh, serta Jeon Yeo-bin dan disutradarai oleh Son Jae-gon. Secret Zoo ditayangkan di Indonesia mulai tanggal 5 Februari 2020.

Sinopsis

Sebagai pegawai sementara di sebuah firma hukum, Tae-soo (Ahn Jae-hong) berharap suatu hari akan mendapatkan posisi sebagai pengacara tetap di firma tersebut. Dia bekerja keras tiap harinya hingga akhirnya dia mendapatkan sebuah kesempatan emas. Dia diberikan tugas khusus untuk menghidupkan kembali kebun binatang yang sudah bangkrut. Permasalahannya adalah, di sana tidak ada hewan untuk ditunjukkan.

Loading...

film Secret Zoo

Tae-soo mempunyai waktu 3 bulan untuk menghidupkan kembali kebun binatang tersebut. Bersama dengan pegawai kebun binatang lain, dia mendapatkan ide yang cemerlang. Tidak akan ada orang yang berpikir ada hewan palsu di kebun binatang, jadi kenapa tidak berkostum seperti hewan dan melakukan pertunjukan kepada para pengunjung?

Satu persatu, penjaga kebun binatang mengenakan kostum beruang kutub, singa, gorilla dan kungkang. Kebun binatang “baru” menjadi viral ketika Tae-soo si beruang kutub tertangkap kamera meminum sebotol minuman soda. Dapatkah rencana Tae-soo untuk menyelamatkan kebun binatang berhasil? Apa pengorbanan yang harus dilakukan oleh Tae-soo bersama pegawai kebun binatang lain?

Ulasan

Film Secret Zoo yang berdurasi 118 menit ini memiliki premis yang unik dengan potensi komedi yang bisa digali banyak untuk memancing tawa para penonton, dan benar saja banyak tawa yang pecah di berbagai adegan dalam  film ini. Terutama pada adegan-adegan saat para pegawai kebun binatang menyamar.

film Secret Zoo

Sayangnya naskah yang dituliskan sang sutradara Son Jae-gon (Villain & Widow, My Scary Girl) bersama Heo Sung-hye (The Bros, Tomorrow With You) juga terasa kurang berenergi di beberapa adegan. Energi yang biasanya muncul pada film Korea Selatan dengan karakter-karakternya yang penuh drama, nyentrik, konyol atau pengadeganan yang kadang berlebihan, gaplok sana, gaplok sini. Hal tersebut nyaris nihil alias tidak ada dalam film ini.

Sebagai contoh paling kentara adalah di adegan awal film yang sama sekali tidak ada adegan menarik selama 5-10 menit film. Film justru dibuka oleh persoalan bisnis kantor Tae-soo, pekerjaan Tae-soo dan menghabiskan kurang lebih 15 menit untuk membawa Tae-soo ke kebun binatang. Harapan akan keseruan saat Tae-soo tiba di kebun binatang pun tidak serta merta langsung membuat film berjalan seru. Masih ada waktu 15 menit lagi sebelum Tae-soo mulai melancarkan aksinya.

film Secret Zoo

Tepat saat mereka merencanakan muslihat untuk membuka kebun binatang dengan hewan-hewan palsu film berjalan menuju grafik yang menyenangkan. Terlambat? Bisa jadi. Karena kemungkinan penonton kurang memberikan atensi pada para karakter akibat minimnya karakterisasi menarik dan adegan menarik di 30 menit awal.

Sepasang karakter romantis, mantan direktur yang kerap menyalahkan diri sendiri, dan dokter hewan yang terobsesi menyembuhkan dan membawa beruang kutub pulang ke habitatnya tidak diceritakan secara menarik dalam film yang juga dibintangi aktris populer Kang So-Ra yang pernah berkunjung ke Indonesia tahun 2019 lalu.

Untungnya setelah film menginjak babak kedua sampai ke klimaks, film berjalan seru penuh adegan yang memancing tawa dengan intrik-intrik politik di kantor tempat Tae-soo bekerja. Walaupun konklusinya terbilang kembali lagi ke situasi minim energi dan kurang meriah untuk sebuah klimaks dari film produksi studio yang membuat Extreme Jobs.

film Secret Zoo

Secara teknis film ini terbilang cukup baik, dengan keunggulan dari sisi tata kostum yang baik pada kostum Kukang dan Gorila. Untuk singa dan beruang kutub memang tidak sebaik itu, namun masih lebih baik dibanding menggunakan CGI. Untuk CGI karakter beruang kutub asli bisa dikatakan cukup baik walau tidak spesial juga.

Sementara itu departemen akting juga tidak ada yang mengecewakan, dua karakter memiliki hubungan antar karakter yang menarik di sepanjang film, yaitu pada sosok Hye Kyung si Kungkang yang diperankan oleh Jeon Yeo-bin (After My Death, Be Melodramatic) dan pemeran Gun Wook, si gorila, Kim Seong-oh (The Man From Nowhere, Secret Garden). Sementara penulis naskah dan sutradara sepertinya kebingungan untuk mengembangkan hubungan antara Tae-soo dengan si dokter hewan, So-won milik Kang So-ra (Sunny, My Paparotti) yang berakhir jadi serba nanggung.

film Secret Zoo

Pemeran lain yang menarik perhatian adalah si CEO Hwang, Park Hyuk-kwon (The Mimic, A Taxi Driver) yang bernasib sial bersama dengan sekretarisnya Oh yang diperankan oleh Seo Hyun Woo (A Taxi Driver, Veteran).

Kesimpulan Akhir

Perlu agak bersabar untuk bisa menikmati sajian komedi gila-gilaan dari film Secret Zoo. Nikmati pondasi intrik setidaknya di setengah jam awal, lalu jangan malu untuk tertawa keras-kerasa saat melihat tingkah polah para ‘binatang’ aneh di dalam kebun binatang tersebut. Lucu, konyol meski terasa kurang berenergi di beberapa bagian, Secret Zoo sukses menghadirkan kebun binatang penuh rahasia yang menghibur!

Note: Scroll/gulir ke bawah untuk melihat rating penilaian film.

Loading...

Review Film Secret Zoo (2020) – Komedi Tentang Kebun Binatang Penuh Rahasia Yang Jenaka Walau Kurang Berenergi
7Overall Score
Reader Rating 1 Vote
5.9