Pernahkah kalian menonton sebuah film yang sungguh mengecewakan, bahkan kalian sendiri tidak mengetahui apa solusinya? Kira-kira begitulah perasaan saya saat menonton The Mystery of Dragon Seal atau yang dikenal juga dengan judul Viy 2: Journey to China atau  The Iron Mask (memang banyak sekali judulnya bahkan saya sempat berpikir ketiga ini adalah film yang berbeda), sekuel untuk film tahun 2014 Viy atau yang juga dikenal dengan Forbidden Empire.

Film produksi Rusia dan Tiongkok ini memiliki cerita yang bahkan dari awal sudah cukup membingungkan. Kita diceritakan pada dua kisah yang berbeda, yang pertama adalah seorang pembuat peta bernama Jonathan Green (Jason Flemyng) yang mengemban petualangan yang menuntunnya dari Inggris menuju Tiongkok. Selama perjalanan ia ditemani oleh seorang pria yang tidak ia sadari sebetulnya adalah seorang perempuan bernama Cheng Lan (Helen Yao).

Petualangan Jonathan Green terasa sangatlah tidak seru, mari saya katakan itu dari awal. Entah dari menjelejahi luasnya gurun pasir hingga daerah pegunungan misterius di pedalaman Tiongkok, tidak ada perasaan “seru” yang didapatkan dari perjalanan bersamanya. Mungkin karena betapa minimnya waktu yang kita dapati untuk bersamanya, atau karena memang tidak ada hal yang menarik terjadi selama ia dalam perjalanan.

Loading...

Kisah lainnya berada pada Tower of London, sebuah menara besar di Inggirs yang merupakan sebuah penjara dengan James Hook (Arnold Schwarzenegger) sebagai pengawasnya. Iya, bukankah unik melihat Arnold bermain menjadi orang Inggris dengan kumisnya yang tebal dan aksennya yang tidak ada khas Inggrisnya sama sekali. Tidak peduli bagaimana ia mengubah penampilannya, ia tetaplah terlihat seperti Arnold Schwarzenegger dari Predator.

Di dalam menara itu, terdapat sebuah ruangan berisikan tiga tahanan dengan rantai saling terikat pada setiap tangannya. Keduanya adalah kakek tua, yang salah satunya seorang yang hanya dikenal dengan nama Master (Jackie Chan). Tahanan lainnya adalah seorang Tsar (gelar untuk orang kerajaan) bernama Peter the First (Yuri Kolokolnikov) yang kini memakai topeng besi di wajahnya.

The Mystery of Dragon Seal memang terlihat kesulitan untuk berusaha mengimbangi kedua cerita yang terlihat sama-sama tidak mengunggah sekaligus tidak konsisten, yang akhirnya mengakibatkan banyak sekali menghasilkan momen-momen yang tidak hanya membingungkan, tetapi juga tidak masuk akal.

Salah satu adegannya berpusat pada Hook, yang sering menggelar perkelahian dengan tahanan-tahanannya dan bagi siapa yang bisa menaiki tangga akan diberikan kebebasan. Satu waktu ia menghadapi tiga orang sekaligus, dengan satunya berhasil menaiki separuh tangga sementara keduanya terkapar melawan Hook. Orang yang baru menaiki separuh tangga ini kembali turun kepada kedua rekannya.

Hook tiba-tiba mengatakan “Orang ini memenangkan kebebasannya dalam pertarungan yang jujur! Biarkan dia pergi! Dia bebas!” Orang tersebut membalas, “Aku tidak akan meninggalkan saudaraku! Kita akan berkelahi atau pergi bersama-bersama!” “Baiklah, saya menghargai keputusanmu. Biarkan mereka pergi!” Hook mengabulkan permintaan mereka.

Adegan itu sendiri dengan sempurna menjabarkan masalah yang dimiliki film arahan Oleg Stepchenko ini. Pertama, tidak masuk akal. Orang itu baru saja menaiki separuh tangga dan ia diberikan kebebasan? Semudah itu? Bukankah itu adalah penjara yang ketat dengan pengawas yang keji? Kemudian dialog yang sungguh tidak alami, bahkan seperti bukan percakapan antar manusia. Dua masalah ini secara terus-menerus selalu hadir dalam film.

Kemudian tiba waktunya yang mungkin kita tunggu-tunggu: perkelahian antara Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger. Kedua aktor tersebut sudah tidak dipertanyakan lagi kepiawaiannya dalam dunia film action, terutama era tahun 1980-an dan 1990-an dengan film legendaris yang juga menjadi favorit saya seperti Police Story ataupun Predator.

Tetapi seperti sebuah kemustahilan, adegan perkelahian keduanya terlihat tidak berenergi. Tidak seperti Jackie Chan atau Arnold Schwarzenegger yang saya ingat dan saya damba-dambakan. Apakah karena faktor usia atau karena adegan yang terlihat berantakan dengan editing yang kacau dan koreografi yang tidak menginspirasi? Saya tidak yakin apa, tetapi perkelahian kedua ini adalah satu-satunya harapan saya akan menyukai The Mystery of Dragon Seal dan duel mereka gagal. Dan kehadiran mereka sangatlah jarang!

Saya juga berpikir apakah mereka hanya memainkan Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger hanya untuk unsur popularitasnya saja? Begitu juga film ini memiliki satu nama ternama lagi: Charles Dance (ALIEN³ dan Game of Thrones) sebagai Lord Dudley. Tetapi ketiganya hanyalah memiliki waktu yang sangat-sangat sedikit dan bahkan Charles Dance sepertinya hanya muncul dua kali saja.

Film ini juga terlihat kesulitan saat ingin mencoba menambahkan unsur komedi kedalamnya. Banyak momen, terutama di pertengahan awal film, yang terlihat ingin mengundang tawa penonton, seperti saat Master ingin mengambil setiap senjata dari koleksi Hook tetapi Hook selalu mengatakan “Tidak!” karena setiap barangnya berharga, tetapi tidak ada humor yang menendang lelucon hambar mereka hingga akhirnya komedi hanyalah satu dari sekian unsur yang gagal.

CGI juga menjadi elemen yang sering mereka andalkan, dan bung, bisa saya katakan kalau CGI di film ini sungguh buruk. Entah saat menampilkan perkotaan Inggris atau saat kapal diterjang badai yang buas di tengah lautan, tidaklah sulit untuk melihat kualitasnya yang buruk meskipun ambisinya yang besar.

Kemudian di tengah kekacauannya, dengan berani The Mystery of Dragon Seal menambah cerita tambahan pada pertengahan di mana ternyata Cheng Lan adalah putri dari Master! Tidak hanya itu, tetapi juga mengetahui kalau Cheng Lan adalah seorang putri kerajaan dan kerajaannya sedang dilanda kekacauan oleh sebuah pihak asing yang jahat! Kira-kira begitu karena saat mereka sudah memperkenalkan cerita baru, isi pikiran saya sudah jauh melayang dan ini baru pada pertengahan film.

Menonton The Mystery of Dragon Seal tidaklah menimbulkan perasaan apa-apa selain kekecawaan. Dan anehnya, menonton film ini membangkitkan kembali keinginan saya untuk menonton Pirates of the Caribbean yang saya sangat yakin jauh lebih baik dalam segala aspek meski sudah dirilis lebih dari 15 tahun yang lalu.

Loading...

Review Film The Mystery of Dragon Seal (2019) - Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger Tidak Bisa Menyelamatkan Film Fantasi Ini
4Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0